Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asian Games 2018 : Toilet Berstandar Hotel Bintang 4

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengingatkan agar jangan sampai masalah toilet membuat Asian Games 2018 turun kelas.
Asian Games 2018/Asian Games 2018
Asian Games 2018/Asian Games 2018

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengingatkan agar jangan sampai masalah toilet membuat Asian Games 2018 turun kelas.

Untuk itu ia menyeru para penanggung jawab supaya memastikan kebersihan kakus, peturasan, dan kelengkapan toilet lainnya sehingga seluruh pihak nyaman saat menggunakannya.

"Saya tak ingin kemegahan dan kerapian bangunan 'venue' (gelanggang), turun kelasnya hanya karena 'toilet' yang tak bisa melayani pengguna dengan layak," kata Aher dalam keterangan pers di Bandung, Rabu (21/3/2018).

Ia menegaskan, Presiden Joko Widodo dalam pengarahannya meminta perhatian pada toilet atau kamar mandi, kakus dan kalengkapannya, karena urusan ini menggambarkan budaya dan peradaban bangsa.

"Airnya dijaga supaya bersih," kata Aher.

Gubernur meminta seluruh instansi, dinas terkait, khususnya panitia lokal penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jawa Barat, supaya meninjau kembali kesiapan gelanggang cabang olahraga yang akan digelar di Jawa Barat.

"Salah satu yang tak boleh luput yakni kelayakan toilet di setiap 'venue' (gelanggang) pertandingan," kata Aher.

Supaya tak menjadi sorotan di kemudian hari, Aher meminta keberadaan kamar kecil di setiap gelanggang mengacu kepada standar toilet hotel berbintang empat.

"Kalau sekarang rasanya masih jauh, toiletnya masih jauh dari kategori bintang empat, padahal stadionnya megah, jadi jangan sampai terpatahkan karena toiletnya yang jorok," katanya.

Adapun pada Asian Games 2018, paling tidak ada tujuh cabang olahraga yang akan dipertandingkan di 13 Venue di wilayah Jawa Barat yang tersebar di 10 kabupaten/kota. Di antaranya sepeda jalan raya, sepeda MTB, paralayang, kano slalom, modern pentathlon, paralayang, dan cabang olahraga paling bergengsi yakni sepak bola.

Rencananya sepak bola akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Stadion Patriot kota Bekasi, dan Stadion Wibawa Mukti di Kabupaten Bekasi. Sementara balap sepeda akan mengambil tempat di Jalan Raya Purwakarta-Subang untuk "road race" (jalan raya), MTB di Subang, dan kano di Bendung Rentang Majalengka.

Selain itu, arena lain yang akan menjadi tempat pelaksanaan pertandingan lainnya diantaranya Arthayasa Stable, ITB Jatinangor, UPI GOR Gymnasium, arena Paralayang, Gunung Mas, dan Khe Bun Hill Subang.

Aher juga akan terus mendorong semua atlet khususnya kepada para atlet yang akan bertanding di Jawa Barat supaya berhasil meraih medali emas pada Asian Games tahun 2018 ini.

Di samping kesuksesan prestasi, kata Aher, digelarnya Asian Games 2018 di Jabar, juga diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan perekonomian seperti pada PON lalu, Jawa Barat berhasil menaikan angka pertumbuhan ekonomi.

"Kita juga harus sukses dalam bidang perekonomian, karena PON kemarin kita berhasil menaikkan pertumbuhan ekonomi. Mudah-mudahan dengan Asian Games pertumbuhan ekonomi secara nasional pun naik," ujar Aher.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler