Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buka-bukaan Herry IP Soal Rahasia Kevin/Marcus Jadi Ganda Tidak Terkalahkan

Indonesia berhasil meraih satu gelar juara dari All England 2018 BWF World Tour Super 1000 lewat Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Pasangan ganda putra rangking satu dunia ini mengalahkan musuh bebuyutan mereka di final, Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark), dengan skor 21-18, 21-17, Minggu (18/3/2018).
Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon dan Coach Herry Iman Pierngadi/Badminton Indonesia
Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon dan Coach Herry Iman Pierngadi/Badminton Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia berhasil meraih satu gelar juara dari All England 2018 BWF World Tour Super 1000 lewat Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Pasangan ganda putra rangking satu dunia ini mengalahkan musuh bebuyutan mereka di final, Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark), dengan skor 21-18, 21-17, Minggu (18/3/2018).

Banyak yang tidak tahu Kevin dan Marcus ternyata dalam kondisi tidak 100 persen. Namun berkat mental dan perjuangan yang luar biasa Minions akhirnya bisa mempertahankan gelar juara.

Berikut petikan wawancara Badmintonindonesia.org dengan Herry Iman Pierngadi, Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI yang mendampingi Kevin/Marcus selama bertanding di All England 2018.

Apa komentar anda mengenai pertandingan final ?

Tadi sebetulnya Kevin/Marcus bermain terlalu slow, bukan polanya mereka, tapi namanya pertandingan kan banyak strategi. Mainnya kan tidak seperti biasa, no lob serang, tadi banyak defense. Boe/Mogensen memang mengubah pola main, mereka memperlambat, karena mereka kalah cepat dari Kevin/Marcus.

Tetapi ini sudah diantisipasi, akan bermain seperti ini, bermain lambat

Kevin/Marcus tampaknya tidak terlalu mengalami banyak masalah dengan aturan servis baru?

Soal servis, selama di All England ini malah menguntungkan untuk Kevin/Marcus. Karena di hari ini, game pertama servisnya banyak servis drive, kalau bahasanya anak-anak, servis nyolong, mencuri kesempatan.

Kevin/Marcus masih tak terkalahkan sejak China Open 2017, apa rahasianya?

Komitmen mereka, karena kedua pemain ini komitmennya luar biasa dan tidak mau ngalah, tidak mau menyerah. Saya bilang mereka berdua ini fighter sekali.

Kerja keras, komitmen, trust antara pemain dan pelatih itu penting, kerjasama dua sisi dari pemain dan pelatih. Secara teknis, kita diskusi terus, ngomong terus, karena ini penting.

Ada nilai-nilai yang patut dicontoh tim ganda putra dari Kevin/Marcus?

Oh itu pasti, fighting spiritnya mereka modal utama, harus jadi role model untuk pemain lainnya di tim ganda putra.

Tidak mudah meraih gelar juara di turnamen sekelas All England, bagaimana menurut anda mental bertanding Kevin/Marcus?

Kalau mereka memang sudah terbukti mentalnya, luar biasa. Ini bawaan dari diri sendiri, saya sebagai pelatih cuma memotivasi mereka.

Banyak yang mengatakan, Kevin/Marcus setelah juara All England tahun lalu, percaya dirinya meningkat drastis, apa benar seperti itu?

All England memang menjadi salah satu ujian buat seorang pebulutangkis. Kalau dia sudah menjuarai All England, Kejuaraan Dunia, Olimpiade, level dan kepercayaan diri mereka pasti meningkat

Sebelum berangkat ke All England, Kevin/Marcus mengalami cedera, namun mereka justru bisa mempertahankan gelar?

Itulah, kondisi ini membuat Kevin/Marcus menyiasati dengan sedikit mengubah cara dan pola main. Sebenarnya Kevin itu belum seratus persen, sebelum tanding, dia warming up dengan tarik karet, untuk menjaga tangannya. Marcus juga ada masalah dengan tangannya. Dengan kondisi apapun, mereka bisa mengatasi.

Bagaimana anda menilai penampilan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di All England ini?

Hendra/Ahsan sudah tidak muda lagi, khususnya Hendra, beda-beda tipis umurnya sama Boe/Mogensen, jadi kecepatannya berkurang. Ini yang harus diperhatikan. Jelang Piala Thomas nanti, saya mau mencari solusi bagaimana sih pola main yang cocok untuk Hendra/Ahsan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Badminton Indonesia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler