Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lilan Kiproo & Agus Prayogo Juara Jakarta Marathon

Pelari Kenya Kennedy Lilan Kiproo berhasil menjuarai Mandiri Jakarta Marathon 2016 kategori maraton penuh (full marathon) sejauh 42 kilometer putra mengalahkan sekitar 2.500 peserta dari berbagai negara.
Agus Prayogo/Antara-Wahyu Putro
Agus Prayogo/Antara-Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA - Pelari Kenya Kennedy Lilan Kiproo berhasil menjuarai Mandiri Jakarta Marathon 2016 kategori maraton penuh (full marathon) sejauh 42 kilometer putra mengalahkan sekitar 2.500 peserta dari berbagai negara.

Pada kompetisi maraton internasional yang berawal dan berakhir di Kawasan Monas, Jakarta, Minggu, Kennedy berhasil mencatatkan waktu 2 jam 21 menit 24 detik.

Dia pun berencana kembali lagi mengikuti acara serupa tahun depan demi mengulang kembali prestasinya.

"Setelah ini mungkin Desember 2016, saya akan mengikuti Singapore Marathon. Setelah itu saya bersiap mengikuti Jakarta Marathon tahun depan," ujar Kennedy, usai menerima hadiah juara di Monas, Jakarta.

Pada sektor putra, pelari Kenya memang tidak terhadang meraih gelar juara berlari 42 kilometer.

Selain Kennedy, pemenang kedua dan ketiga juga berasal dari negara dari Benua Afrika tersebut.

Chengabit Noah Kipruto membuntuti Kennedy di posisi kedua dengan catatan waktu 2 jam 23 menit 25 detik, dan Felix Kipkorir Kangongo menyusul kemudian dengan waktu 2 jam 25 menit 51 detik.

Prestasi pada nomor bergengsi tersebut membuat ketiganya berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp42 juta untuk juara pertama, Rp25 juta bagi posisi kedua, dan Rp20 juta untuk peringkat ketiga.

Sedangkan pada sektor putra kategori maraton penuh Indonesia, Agus Prayogo berhasil keluar menjadi juara. Peraih tiga medali emas cabang atletik PON Jawa Barat 2016 ini, mencatatkan waktu dua jam 41 menit 12 detik.

Dia lebih lambat hampir 20 menit dibandingkan Kennedy. Catatan tersebut juga lebih lama dari waktu tempuhnya pada PON Jabar yaitu 2 jam 27 menit 16 detik.

"Saya memang tidak terlalu mengejar rekor waktu. Selain jalanan licin karena hujan, saya juga sedang masa transisi setelah PON kemarin. Jadi saya targetnya juara saja," ujar Agus yang selama kariernya sudah meraih empat medali emas Sea Games itu.

Atas peringkat pertama pada full marathon Indonesia, Agus pun berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp20 juta.

Adapun juara kedua dan ketiga dalam maraton penuh Indonesia diraih oleh Asma Bara dan Iwan dengan catatan waktu masing-masing 2 jam 41 menit 13 detik serta 2 jam 42 menit 34 detik. Bagi setiap orang, mereka mendapat hadiah uang tunai Rp15 juta dan Rp10 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler