Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim Offroad Kalimantan Berpetualang Hingga Sabah

Tim Offroad Kalimantan yang membawa rekomendasi Indonesian Offroad Federation mulai berpetualang dari Balikpapan, Kalimantan Timur, menuju Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia.
Ilustrasi offroad/Reuters
Ilustrasi offroad/Reuters

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Tim Offroad Kalimantan yang membawa rekomendasi Indonesian Offroad Federation mulai berpetualang dari Balikpapan, Kalimantan Timur, menuju Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, pada Sabtu (22/10/2016), untuk mengikuti ajang internasional.

Rombongan tim berangkat untuk ambil bagian dalam kejuaraan Touring Adventure Offroad International Borneo Safari yang diselenggarakan Sabah Four Wheel Drive Association.

Petualangan di medan ekstrem itu berlangsung di jajaran Pegunungan Crocker melingkari kaki Gunung Kinabalu searah jarum jam. Medan offroad berupa hutan hujan tropis dan dataran yang berada pada ketinggian 1.500 hingga 2.000 meter dari permukaan laut.

"Kami gabungan offroader dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Mungkin nanti juga kawan-kawan dari Kalimantan Barat bergabung di Pontianak," kata Koordinator Tim Offroad Kalimantan (TOK), Helmi.

Kota Banjarbaru yang terletak sekitar 500 km barat daya Kota Balikpapan Balikpapan, Kaltim, kota tempat kantor-kantor pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan, menjadi titik temu.

Perjalanan dimulai pertama kali oleh offroader Samarinda Budi Karyo 110 km ke selatan menyambangi offroader Balikpapan Budi Kertayasa pada Jumat (21/10/2016) dini hari.

Dengan kendaraan Suzuki Jimny dan Daihatsu Hiline, mereka berangkat ke Barabai, 350 km barat daya Balikpapan, di mana Helmi menunggu dengan Toyota Land Cruiser VX80.

Di Banjarbaru bergabung Arifin (Toyota Hilux LV100), Harianto (Land Cruiser VX80), Isa (Toyota Land Cruiser BJ40), dan Umar (Daihatsu Rocky). "Masih ada satu lagi, yaitu Eddy Sudarmadi yang langsung terbang ke Kota Kinabalu. Beliau menyewa mobil di sana untuk turut serta," kata Helmi.

Dari Banjarbaru, selama 4 hari ke depan hingga Senin (24/10/2016), rombongan dijadwalkan mencapai tapal batas Indonesia dengan negara bagian Sarawak, Malaysia, di Entikong-Tebedu.

"Tanggal 27 Oktober, rombongan Kalimantan kami tunggu di Pos Kawalan Sungai Tujuh menjelang Bandar Seri Begawan," kata Timbalan Yang Dipertuan Persatuan Kereta Tahan Lasak Brunei (PKTLB), Muhammad Azmi bin Milami.

Keesokan harinya, menurut Azmi, rombongan Kalimantan akan bergabung dengan rombongan Brunei untuk sama-sama berkonvoi menuju Kota Kinabalu.

"Rekan-rekan berhati-hatilah di jalan, insya Allah selamat sampai tujuan di Brunei, di Kota Kinabalu, selama lomba dan hingga pulang kembali ke kampung halaman," kata Azmi.

Keikutsertaan para offroader Kalimantan ke Borneo Safari dimulai Haji Helmi pada tahun 2012. Helmi memulainya sendirian setelah lama malang melintang di arena touring dan kompetisi offroad lokal.

Cerita Helmi tentang petualangan offroad di negeri tetangga itu membuat rekan-rekannya yang tersebar di mana-mana tertarik juga mencoba.

"Ini petualangan offroad internasional saya yang pertama," kata Budi Kertayasa, pengusaha muda pemilik jaringan toko jamu Seduh Marem di Balikpapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler