Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tersandung Meldonium, Rusia Tetap Berharap Sharapova ke Olimpiade

Ketua Federasi Tenis Rusia Shamil Tarpishchev tetap berharap Maria Sharapova akan mewakili negaranya pada Olimpiade tahun Brasil meski dia diskors sementara setelah positif zat terlarang.
Maria Sharapova/Reuters-John French
Maria Sharapova/Reuters-John French

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Federasi Tenis Rusia Shamil Tarpishchev tetap berharap Maria Sharapova akan mewakili negaranya pada Olimpiade tahun ini di Brasil meskipun dia diskors sementara setelah hasil tes positif zat terlarang.

Petenis berusia 28 tahun yang lima kali menjadi juara Grand Slam itu mengatakan bahwa dia gagal dalam tes doping di Australia Terbuka pada Januari lalu karena mengandung unsur meldonium, yang dia konsumsi karena masalah kesehatan.

"Saya pikir ini sebuah omong kosong," kata Tarpishchev dalam wawancara dengan kantor berita TASS.

"Atlet menggunakan apa yang diberikan oleh fisioterapis dan oleh dokter. Saya pikir Sharapova akan bermain di Olimpiade, tapi bagaimana pun, kami akan perlu melihat perkembangannya," katanya.

Sebelumnya, Maria Sharapova mengaku tidak lulus tes doping sehingga dia diskors mulai 12 Maret nanti. Namun obat-obatan yang dia konsumsi adalah zat yang sebelum 1 Januari lalu bukanlah obat terlarang untuk atlet.

Sharapova mengatakan dokter keluarganya reguler memberi dia mildronate, yang juga disebut meldonium, selama 10 tahun karena dia kerap mengeluh sakit kekurangan magnesium dan memiliki panyakit diabetes.

"Sangat penting untuk Anda pahami bahwa selama 10 tahun obat ini tidak termasuk daftar yang dilarang WADA (Badan Antidoping Dunia) dan saya dibenarkan secara hukum untuk mengonsumsi obat ini. Namun pada 1 Januari lalu, aturan itu diubah dan meldonium pun menjadi zat terlarang," papar Sharapova.

WADA sendiri menolak mengomentari soal ini sampai ITF (Federasi Tenis Internasional) mengeluarkan keputusan final.

Meldonium digunakan untuk mengobati sakit pada dada dan serangan jantung, namun beberapa peneliti mengaitkan obat ini dengan upaya meningkatkan daya tahan dan stamina atlet. Obat ini dilarang di AS, namun dibolehkan di Rusia, Latvia, dan beberapa negara Eropa timur lainnya.

Bulan lalu, pebalap sepeda Rusia Eduard Vorganov, atlet skating Rusia Ekaterina Bobrova, dan dua atlet kelahiran Ethiopia Endeshaw Negesse dan Abeba Aregawi dinyatakan positif mengonsumsi meldonium.

Kabar mengejutkan dari dunia tenis itu muncul setelah tim manajemen Sharapova mengatakan bahwa petenis ini akan menyampaikan pengumuman besar yang sempat dianggap banyak orang bahwa Sharapova akan gantung raket.

Sharapova, yang beberapa tahun belakangan mesti berjuang melawan rangkaian cedera, tidak tampil lagi sejak kalah dari Serena Williams pada perempat final Australia Terbuka Januari lalu.

Terkenal gigih dan pantang menyerah serta tangguh di baseline, Sharapova pada usia 17 tahun  menjadi petenis putri Rusia pertama yang menjuarai Wimbledon ketika mengalahkan Serena Williams 6-1 6-4 pada final edisi 2004.

Kemenangan ini membuatnya menjadi juara Wimbledon termuda ketiga setelah Lottie Dod dan Martina Hingis, dan petenis termuda keempat yang menjuarai Grand Slam di Era Terbuka setelah Hingis, Monica Seles dan Tracy Austin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler