Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Davis Cup: Murray Pimpin Britania Raya Taklukkan Jepang

Petenis Britania Raya Andy Murray memenangi pertandingan lima set melawan petenis Jepang Kei Nishikori untuk mengamankan kemenangan 3-1 di Piala Davis bagi sang juara bertahan sekaligus meraih tiket ke perempat final melawan Serbia.
Andy Murray/Reuters-Eduardo Munoz
Andy Murray/Reuters-Eduardo Munoz

Bisnis.com, JAKARTA - Petenis Britania Raya Andy Murray memenangi pertandingan lima set melawan petenis Jepang Kei Nishikori untuk mengamankan kemenangan 3-1 di Piala Davis bagi sang juara bertahan sekaligus meraih tiket ke perempat final melawan Serbia yang diperkuat Novak Djokovic.

Murray, yang aksi-aksi heroiknya membantu mengamankan gelar saat melawan Belgia tahun lalu, sempat direpotkan pada dua set pertama, namun kemudian mampu bangkit untuk menaklukkan petenis peringkat enam dunia itu dengan skor 7-5, 7-6(6), 3-6, 4-6, 6-3 pada pertandingan yang dimainkan selama empat jam 54 menit.

Ini ajang pertama yang diikuti Murray setelah kelahiran putrinya, namun keraguan apa pun mengenai kebugarannya dapat ditepis ketika petenis Skotlandia itu kembali memikul harapan-harapan Britania, dengan memenangi tiga pertandingan, termasuk kategori ganda, dalam tiga hari.

"Saya kehabisan kata-kata pada fase ini, dia (Murray) manusia baja, iya kan? Apa yang Andy lakukan begitu mengagumkan sebab ia tidak bermain sejak final Australia Terbuka," kata kapten Britania Raya Leon Smith.

Setelah mengerahkan seluruh kekuatannya, Murray mengatakan ia ingin segera kembali ke keluarganya. "Ini Hari Ibu pertama bagi Kim (istrinya), maka akan menyenangkan untuk melihatnya malam ini. Saya akan berusaha kembali untuk waktu mandi dan untuk menidurkannya, sang bayi, bukan Kim," kata Murray setengah bercanda.

Murray diganggu bayang-bayang Fred Perry pada sebagian besar karirnya, namun kemenangan atas Nishikori membuatnya dapat melampaui pencapaian lain yang pernah dotorehkan Perry.

Setelah menjadi pria Britania pertama sejak Perry yang memenangi Grand dan kemudian Wimbledon, Murray melampaui legenda tenis itu dengan memperpanjang rekor tidak terkalahkannya di kategori tunggal dan ganda Piala Davis menjadi 14 pertandingan.

Ini kemenangan pada pertandingan bersama terpanjang di karier Murray, bersama dengan kesuksesannya di final AS Terbuka 2012 atas Novak Djokovic, yang juga akan dihadapinya dalam perempat final di Serbia pada Juli.

Petenis peringkat satu dunia itu juga terlibat dalam pertarungan sengit pada Minggu, dan memerlukan waktu hampir 5 jam untuk mengalahkan Mikhail Kukushkin dalam lima set.

Hasil itu membuat Serbia imbang 2-2 dengan Kazakhstan, sebelum Viktor Troicki memastikan kemenangan negaranya dengan mengalahkan Aleksandr Nedovyesov di pertandingan penentuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler