Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BADMINTON ASIA JUNIOR: Tiga Negara Ini Bidik Gelar di Kudus

Banyak pelatih dari negeri seberang beramai-ramai datang ke Kudus untuk menguji fisik dan mental para atlet muda dengan cara bertanding dengan lawan yang seusia. Bukan itu saja, mereka juga tak ingin pulang dengan tangan hampa alias membidik gelar juara.

Bisnis.com, KUDUS - Turnamen bulu tangkis tingkat junior se-Asia, Blibli.com Badminton Asia U17 & U15 Junior Championship 2015 resmi dimulai hari ini, Rabu (7/10/2015). 

Selain diikuti oleh atlet bulu tangkis muda Nusantara, turnamen ini juga dibanjiri oleh pemain-pemain anyar dari berbagai negara Asia, misalnya Jepang, Korea, Thailand, Malaysia, India, dan lainnya. 

Turnamen itu akan mempertandingkan masing-masing lima partai untuk kategori U17 dan U15, yaitu: tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. 

"Turnamen ini diikuti total 268 peserta untuk kedua kategori yang berasal dari 12 negara anggota Konfederasi Bulutangkis Asia," ujar Wakil Sekretaris Jenderal Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Achmad Budiharto di GOR Djarum Jati, Kudus, Rabu (7/10/2015). 

Achmad mengatakan banyak pelatih dari negeri seberang beramai-ramai datang ke Kudus untuk menguji fisik dan mental para atlet muda dengan cara bertanding dengan lawan yang seusia. Bukan itu saja, mereka juga tak ingin pulang dengan tangan hampa alias membidik gelar juara. 

Manager Pelatih Tim Junior Korea Selatan Kim Hak Kyun mengatakan Negeri Ginseng tersebut menargetkan gelar juara di kategori single dan double putra. 

"Kami optimis bisa meraih kemenangan untuk dua kategori tersebut. Khususnya, U17," katanya. 

Sementara itu, Manajer Pelatih Tim Junior Jepang Yasuhiro Nagura tak mematok target tinggi dalam kejuaraan tingkat Asia ini.  "Kami bidik medali di kategori single putra U15," imbuhnya. 

Lawan tangguh lainnya, yakni tim bulu tangkis Thailand, mengaku optimistis merebut posisi terhormat. Manager Pelatih Tim Junior Thailand Poompat Sapkhochanart menuturkan atlet muda mereka berpotensi merebut kemenangah di kategori tunggal. 

"Single putra dan putri untuk U17," jelasnya. 

Ketiga manajer pelatih tersebut setuju bahwa ajang Blibli.com Bandminton Asia U17 & U15 Junior Championship 2015 merupakan momentum yang tepat untuk menguji metal dan fisik para pemain. Selain datang ke Kudus, para tim muda dari negara-negara tersebut juga acap kali terbang ke beberapa negara untuk mengikuti kejuaraan serupa. 

"Mereka [atlet muda] harus diuji kekuatannya dengan lawan yang bervariasi. Bertanding dengan  pemain dari negara lain merupakan salah satu cara untuk mengasah kemampuan mereka," ujar Kim Hak Kyun. 

Turnamen bulutangkis untuk atlet muda se-Asia bertajuk Blibli.com Bandminton Asia U17 & U15 Junior Championship digelar di GOR Djarum Jati, Kudus pada 7-11 Oktober 2015. 

Dalam turnamen ini, Indonesia mengirimkan 78 atlet muda yang berusia di bawah 17 tahun dan di bawah 15 tahun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler