Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL MALAYSIA TERBUKA: Kerja Keras, Hayom Tundukkan Tunggal Putra Vietnam

HASIL MALAYSIA TERBUKA: Kerja Keras, Hayom Tundukkan Tunggal Putra Vietnam

Bisnis.com, JAKARTA - Pebulutangkis tunggal putra, Dionysius Hayom Rumbaka, berhasil menundukkan tunggal putra Vietnam, Tien Minh Nguyen, di babak utama Malaysia Open Super Series Premier 2015. Hayom mengalahkan Tien Nguyen setelah dipaksa bermain rubber set, 18-21, 21-11, 21-14, Rabu, 1 April 2015, di stadion Putra Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Hayom yang mengalami cedera saat pertandingan kedua babak kualifikasi melawan Mohammad Arif Abdul Latif, Selasa 31 Maret 2014, nampak memulai pertandingan dengan hati-hati. Hingga permainan cepat yang diperagakan Tien Minh Nguyen berhasil memaksa Hayom menyerah dengan skor 18-21 di set pembuka.

"Di awal pertandingan tadi saya masih kelelahan setelah kemarin main pagi-sore, lalu hari ini harus main lagi pagi hari," kata Hayom kepada Tempo yang ditemui usai pertandingan.

"Sebenarnya set pertama masih fifty-fifty, cuma dia lebih maksa," ujar Hayom seraya menjelaskan bahwa di awal pertandingan dia bermain lebih hati-hati karena cedera otot betis yang dideritanya saat babak kualifikasi.

Di set kedua, Hayom berhasil membalikkan keadaan. Permainan netting yang sesekali diselingi dengan drop-shot dan smash berhasil menambah pundi-pundi angka pemain asal Kulon Progo ini.

Hanya dua kali Tien Minh Nguyen berhasil menyamakan kedudukan pada angka 1-1 dan 4-4, setelah itu Hayom memimpin perolehan angka hingga set kedua berakhir dengan pengembalian bola Tien Minh Nguyen yang melebar ke sisi kanan permainan Hayom dan menutup set kedua dengan skor 21-11.

Memasuki set penentuan, Hayom kembali tampil dominan dengan bermain memanfaatkan lebar lapangan. Walau sempat tertinggal 2-3 di awal set ketiga, selanjutnya Hayom segera membalikkan keadaan. Bahkan saat memasuki pergantian lapangan pada set penentuan, Hayom memimpin 11-9.

Beberapa kali permainan melebar yang diperagakan Hayom diakhiri dengan smash atau penempatan bola di bibir net membuat Tien Minh Nguyen mati langkah. Set terakhir ini pun akhirnya berhasil dimenangkan Hayom dengan skor 21-14.

Disinggung tentang permainannya yang banyak memanfaatkan lebar lapangan, Hayom mengakui bahwa hal tersebut merupakan taktik menyiasati cedera betisnya. "Permainan tadi memang bukan permainan saya, karenanya tadi berusaha main taktik dan fikiran," katanya.

Namun begitu, Hayom mengaku tetap optimis dengan pertandingan selanjutnya. "Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk menang, apalagi untuk pertandingan besok jeda istirahatnya lebih panjang dari hari ini," ucap Hayom.

Selain Hayom, pemain Indonesia lainnya yang berhasil melalui pertandingan pertama di Malaysia Open Super Series 2015 adalah pasangan ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang berhasil menundukkan pasangan Cina, Cai Yun/Lu Kai, 22-20, 21-12 dalam waktu 37 menit, serta ganda campuran kakak beradik, Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadeth yang berhasil mengalahkan pasangan Denmark Niclas Nohr/Sara Thygesen dua set langsung 21-16, 21-12.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler