Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Dibuka, Ini Pidato Lengkap Presiden IOC

Puncak dari upacara pembukaan tersebut adalah penyalaan api Olimpiade oleh petenis asal Jepang, Naomi Osaka.
Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach memberikan pidato dalam Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020/Twitter-@Olympics
Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach memberikan pidato dalam Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020/Twitter-@Olympics

Bisnis.com, JAKARTA - Upacara pembukaan Olimpiade 2020 telah digelar kemarin, Jumat (23/7/2021) waktu setempat di Stadion Tokyo, Jepang.

Puncak dari upacara pembukaan tersebut adalah penyalaan api Olimpiade oleh petenis asal Jepang, Naomi Osaka. Sebelumnya, Kaisar Jepang Naruhito secara resmi membukanya setelah diminta oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach

Bach terlebih dahulu membacakan pidatonya terkait ajang olahraga empat tahunan ini. Seperti diketahui, pesta olahraga dunia ini seharusnya digelar pada Juli hingga Agustus 2020. Namun, ajang itu terpaksa ditunda lantaran pandemi virus Corona atau Covid-19.

Hanya sekitar 950 orang yang berada di Stadion Tokyo, termasuk Ibu Negara AS Jill Biden yang sudah tiba di Tokyo sehari sebelumnya Kamis malam.

Selain itu, ada Presiden Prancis Emmanuel Macron yang turut menghadiri upacara pembukaan beberapa saat setelah tiba di ibu kota Jepang itu. Apalagi, Paris akan menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas edisi berikutnya pada 2024. Macron ke Tokyo untuk berbicara dengan Thomas Bach.

Berikut ini, pidato lengkap yang disampaikan oleh Presiden IOC Thomas Bach dalam Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020:

Selamat datang di Olimpiade Tokyo 2020.

Hari ini adalah momen harapan. Ya, ini sangat berbeda dari apa yang kita semua bayangkan. Namun, mari kita hargai momen ini. Akhirnya kita semua di sini bersama: para atlet dari 205 Komite Olimpiade Nasional dan Tim Olimpiade Pengungsi IOC, tinggal di bawah satu atap bersama di Desa Olimpiade.

Ini adalah kekuatan olahraga yang mempersatukan. Ini adalah pesan solidaritas, pesan perdamaian dan pesan ketahanan. Ini memberi kita semua harapan untuk perjalanan kita selanjutnya bersama.

Kami hanya bisa bersama-sama di sini, karena Anda, tuan rumah kami yang ramah, orang-orang Jepang, kepada siapa kami ingin menyampaikan semua penghargaan dan rasa hormat kami.

Naomi Osaka
Naomi Osaka

Petenis internasional Jepang Naomi Osaka menyalakan api Olimpiade - Twitter/@Olympics

Panitia Penyelenggara, dan pihak berwenang Jepang di semua tingkatan telah melakukan pekerjaan luar biasa. Atas nama semua atlet Olimpiade, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Sepuluh tahun yang lalu, Anda memulai perjalanan untuk membawa semangat Olimpiade kembali ke Tokyo setelah Olimpiade Tokyo 1964 yang luar biasa. Itu adalah perjalanan yang sulit, dengan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya: pertama, membangun kembali setelah Gempa Besar Jepang Timur, kemudian pandemi virus Corona . Inilah mengapa rasa terima kasih dan kekaguman kami kepada Anda semakin besar.

Kami berterima kasih kepada semua pahlawan tanpa tanda jasa, para dokter, perawat, dan semua orang Jepang yang berkontribusi untuk mengatasi pandemi.

Ucapan terima kasih khusus kami sampaikan kepada ribuan sukarelawan, yang terlepas dari semua tantangan yang harus mereka hadapi, menyambut kami dengan sepenuh hati. Anda adalah duta besar terbaik untuk Jepang. Terima kasih banyak untuk semua relawan!

Terima kasih kepada semua orang Jepang yang telah membuat Olimpiade Tokyo 2020 menjadi mungkin.

Apa yang benar untuk ketekunan orang Jepang juga berlaku untuk Anda, rekan-rekan atlet Olimpiade saya.

Anda harus menghadapi tantangan besar dalam perjalanan Olimpiade Anda. Seperti kita semua, Anda hidup dengan ketidakpastian besar melalui pandemi.

Olimpiade
Olimpiade

Seremoni pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 - Twitter/@Olympics

Anda tidak tahu kapan Anda bisa berlatih lagi. Anda tidak tahu apakah Anda bisa melihat pelatih Anda besok. Anda tidak tahu apakah rekan tim Anda akan bersama Anda untuk kompetisi berikutnya. Anda bahkan sama sekali tidak tahu apakah kompetisi ini akan berlangsung.

Anda berjuang, Anda bertahan, Anda tidak pernah menyerah, dan hari ini Anda membuat impian Olimpiade Anda menjadi kenyataan.

Anda adalah atlet Olimpiade sejati.

Baca Juga : Keren! 1.824 Drone Membentuk Bola Dunia di Pembukaan Olimpiade Tokyo

Anda menginspirasi kami, IOC, dan seluruh komunitas Olimpiade. Anda menginspirasi kami untuk bertarung seperti Anda, dan untuk Anda, untuk membuat momen ini menjadi mungkin.

Inilah sebabnya, saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua Komite Olimpiade Nasional, Federasi Internasional, semua mitra dan sponsor kami dan penyiar pemegang hak untuk berdiri bersama dengan kami.

Ini membuat kita semua menjadi komunitas sejati – komunitas Olimpiade.

Olimpiade
Olimpiade

Atraksi 1.824 drone membentuk bola dunia yang berputar menerangi langit di atas Stadion Olimpiade - Twitter/@Olympics

Para atlet yang terhormat.

Komunitas Olimpiade ini bersama Anda malam ini dan selama seluruh pertandingan Olimpiade. Miliaran orang dari seluruh dunia akan terpaku pada layar mereka, mengirimkan antusiasme, energi, dan menyemangati Anda.

Sebagai Komunitas Olimpiade, kami belajar bahwa kami dapat mengatasi banyak tantangan besar di zaman kita hanya jika kita berdiri bersama.

Pelajaran yang kami petik adalah: Kami membutuhkan lebih banyak solidaritas. Lebih banyak solidaritas di antara masyarakat dan lebih banyak solidaritas di dalam masyarakat.

Olimpiade
Olimpiade

Kayu yang digunakan untuk membuat Cincin Olimpiade berasal dari pohon yang ditanam dari biji yang dibawa oleh atlet internasional saat Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 1964 - Twitter/@Olympics

Solidaritas berarti lebih dari sekadar rasa hormat atau non-diskriminasi. Solidaritas berarti membantu. Membagikan. Merawat.

Inilah yang kami lakukan di komunitas Olimpiade kami. Kami berdiri dalam solidaritas untuk mewujudkan Olimpiade dan untuk memungkinkan Anda semua, para atlet dari semua Komite Olimpiade Nasional, baik besar atau kecil, kaya atau miskin, dan dari semua olahraga Olimpiade, untuk ambil bagian dalam Olimpiade.

Solidaritas ini mendorong misi kami untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik melalui olahraga. Hanya karena solidaritas inilah kita bisa berada di sini bersama malam ini. Solidaritas juga mencerminkan komitmen kita selama 3.000 tahun untuk perdamaian.

Tanpa solidaritas, tidak ada perdamaian. Dalam semangat solidaritas dan perdamaian Olimpiade ini, kami menyambut Tim Olimpiade Pengungsi IOC.

Para atlet pengungsi yang terhormat.

Dengan bakat dan semangat kemanusiaan Anda, Anda menunjukkan betapa kayanya pengungsi bagi masyarakat. Anda harus melarikan diri dari rumah Anda karena kekerasan, kelaparan atau hanya karena Anda berbeda. Hari ini, kami menyambut Anda dengan tangan terbuka dan menawarkan rumah yang damai. Selamat datang di komunitas Olimpiade kami.

Dalam komunitas Olimpiade ini kita semua sama. Kita semua menghormati aturan yang sama.

Pengalaman Olimpiade ini membuat kita semua sangat rendah hati karena kita merasa bahwa kami adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri. Kita adalah bagian dari acara yang menyatukan dunia. Bersatu dalam semua keragaman kita, kita menjadi lebih besar dari jumlah bagian kita. Kita selalu lebih kuat bersama.

Olimpiade
Olimpiade

Bendera nasional Jepang memasuki Stadion Tokyo -Twitter/@Olympics

Inilah sebabnya kami sangat berterima kasih kepada Anda, para atlet, karena telah mengungkapkan komitmen Anda terhadap nilai-nilai solidaritas Olimpiade, non-diskriminasi, olahraga tanpa doping, inklusi dan kesetaraan dalam sumpah Olimpiade Anda yang barui.

Kita hanya bisa lebih cepat, kita hanya bisa membidik lebih tinggi, kita hanya bisa menjadi lebih kuat, jika kita berdiri bersama – dalam solidaritas.

Inilah sebabnya, IOC telah mengadaptasi moto Olimpiade dengan zaman kita: lebih cepat, lebih tinggi, lebih kuat – bersama.

Perasaan kebersamaan ini – ini adalah cahaya di ujung terowongan yang gelap.

Olimpiade
Olimpiade

Atlet pertama yang memasuki stadion berasal dari Yunani, rumah bersejarah Olimpiade -Twitter/@Olympics

Pandemi memaksa kita untuk berpisah. Untuk menjaga jarak kita satu sama lain. Untuk menjauh bahkan dari orang yang kita cintai. Pemisahan ini membuat terowongan ini begitu gelap.

Tetapi hari ini, di mana pun Anda berada, kita bersatu untuk berbagi momen ini bersama. Api Olimpiade membuat cahaya ini bersinar lebih terang bagi kita semua.

Sekarang saya mendapat kehormatan besar untuk mengundang Yang Mulia Kaisar untuk mengumumkan pembukaan Olimpiade ke-32, Tokyo 2020.

Saya dengan rendah hati meminta Yang Mulia Kaisar untuk mengumumkan pembukaan Olimpiade Tokyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper