Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Malam Ini Pecatur Irene Sukandar Tarung Lawan Gotham Chess, Siapa Menang?

Gotham Chess adalah nama lain Levy Rozman yang telah ditundukkan Dewa_Kipas hingga menjadi berita di Indonesia.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 31 Maret 2021  |  10:45 WIB
Ilustrasi - Sebuah bidak catur kuno dari era Viking yang dilelang di balai lelang Sotheby's, London, pada 2 Juli 2019. - Bloomberg
Ilustrasi - Sebuah bidak catur kuno dari era Viking yang dilelang di balai lelang Sotheby's, London, pada 2 Juli 2019. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah menjadi perhatian netizen saat bertarung melawan Dewa_Kipas, pecatur putri Indonesia Irene Kharisma Sukandar akan mempertontonkan kembali kemampuannya berstrategi di atas papan catur.

Malam ini, Rabu (31/3/2021), Irene dijadwalkan melakukan pertandingan catur cepat melawan Gotham Chess.

Gotham Chess adalah nama lain Levy Rozman yang telah ditundukkan Dewa_Kipas hingga menjadi berita di Indonesia. 

Rencana laga Irene Sukandar melawan Gotham Chess diketahui dari unggahan Irene di akun twitternya.

 

Beragam komentar pun disampaikan warganet atas rencana pertarungan Irene lawan Gotham Chess.

Sejumlah netizen memberi dukungan kepada Irene, meski ada juga netizen asal Indonesia yang menjagokan Gotham Chess alias Levy Rozman.

Irene Kharisma Sukandar (lahir di Jakarta, 7 April 1992) adalah seorang pecatur Indonesia pertama yang berhasil menyandang gelar Grand Master Internasional Wanita (GMIW) terhitung mulai Desember 2008.

Berdasar catatan di Wikipedia, Irene memenangkan Kejuaraan Catur Wanita Indonesia empat kali berturut-turut dari tahun 2006 hingga 2010.

Dia telah mewakili Indonesia di lima Olimpiade Catur Wanita dari tahun 2004 hingga 2014, Kejuaraan Catur Beregu Asia Wanita tahun 2009, Olimpiade Catur Dunia Muda U-16 tahun 2007, Pesta Olahraga Asia 2006, Pesta Olahraga Dalam Ruangan Asia 2009, dan Pesta Olahraga Dalam Ruangan dan Bela Diri Asia 2013.

Dia memenangkan medali perak individu di papan 3 di Olimpiade Catur ke-36 pada tahun 2004 dan perunggu dalam acara catur blitz beregu di Asian Indoor and Martial Arts Games.

Sedangkan Levy Rozman atau dikenal sebagai GothamChess adalah komentator sekaligus pemain catur internasional. Ia aktif mengunggah video-video pertandingan catur di kanal YouTube miliknya.

Rozman lahir di Brooklyn, New York pada 5 Desember 1995 dan tinggal di New York dan New Jersey saat tumbuh besar.

Ia mulai bermain catur pada usia 6 tahun sebagai kegiatan ekstrakurikuler dan memasuki turnamen pertamanya pada usia 7 tahun.

Rozman meraih gelar Master Nasional pada tahun 2011 melalui Federasi Catur AS, Master FIDE pada tahun 2016, dan Master Internasional pada tahun 2018.

Rozman kerap melakukan streaming di Twitch dan memposting video di YouTube. Dia adalah salah satu dari 6 saluran catur teratas di YouTube.

[8] ia bekerja sama dengan Chess.com dan telah menjadi bagian dari kemitraan streaming mereka sejak 2017.

Rozman adalah komentator reguler untuk platform tersebut, menganalisis turnamen seperti PogChamps dan Turnamen Kandidat 2020.[10]

Rozman mengalami lonjakan pertumbuhan selama pandemi COVID-19, terutama setelah dirilisnya The Queen's Gambit.

Rozman memiliki dua video dengan lebih dari satu juta penayangan: ikhtisar pembukaan instruksional. Di sana ia membahas cara memainkan Gambit Menteri (Queen's Gambit), dan video saat dia bermain melawan bot Beth Harmon di Chess.com. Dia telah melakukan penjelasan mendalam tentang game yang dimainkan dalam serial tersebut.

Dewa Kipas

Nama Dewa Kipas bisa jadi berjasa dalam mempertemukan Irene dan Rozman.

Rozman masuk berita Indonesia pada Maret 2021 saat dikalahkan pecatur Indonesia berinisial Dewa_Kipas. Rozman menduga Dewa_Kipas melakukan kecurangan dan melaporkan akun lawannya ke tim Fairplay Chess.com.

Akun Dewa_Kipas kemudian ditutup karena dugaan curang yang menuai simpati dari netizen Indonesia dan mengakibatkan Rozman terganggu di media sosial.

Rozman kemudian mengubah akses pribadi di akun media sosialnya dan mengambil jeda singkat dari streaming.

Grand Master Indonesia Irene Kharisma Sukandar dan Asosiasi Catur Indonesia mengecam tindakan netizen Indonesia, menyetujui bahwa tindakan Chess.com sudah tepat dan proporsional.

Irene sudah melakukan pertandingan catur kilat melawan Dewa_Kipas dengan skor akhir 3 - 0.

Bagaimana hasil pertandingan Irene sang penakluk Dewa_Kipas melawan Levy Rozman yang sudah ditekuk Dewa_Kipas hingga ngambek? Ikuti laganya nanti malam.

Ini analisa tarung catur Cepat Irene saat melawan Dewa_Kipas.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

catur catur kilat pecatur Irene Sukandar

Sumber : Twitter/Wikipedia

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top