Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jadwal Turneman Tenis Roma Masters Dipercepat Sepekan

ATP memutuskan untuk memajukan jadwal pelaksanaan tunamen tenis Italia Terbuka atau Roma Masters sepekan setelah Madrid Terbuka dibatalkan.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 15 Agustus 2020  |  06:50 WIB
Karolina Pliskova, juara single putri Roma Masters. - Reuters
Karolina Pliskova, juara single putri Roma Masters. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaksanaan turnamen tenis Italia Terbuka (Roma Masters) yang dijadwalkan berlangsung pada September 2020 dipercepat sepekan setelah Madrid Terbuka di Spanyol dibatalkan akibat pandemi Covid-19.

Association of Tennis Professionals (ATP) mengumumkan beberapa pembaruan pada sisa kalender 2020 yang sangat terdampak oleh wabah virus corona, dengan tidak ada tempat bagi Final NextGen ATP, acara unggulan bagi para pemain top berusia 21 tahun dan di bawahnya, dalam jadwal sementara.

Italia Terbuka, yang merupakan turnamen pemanasan Prancis Teruka di Rolan Garros, Paris, dijadwalkan dimulai pada 14 September selama sepekan.

Turnamen tersebut akan diikuti oleh Hamburg European Open di Jerman pada pekan menjelang Prancis Terbuka di Roland Garros, Paris, yang direncanakan berlangsung pada 27 September hingga 11 Oktober 2020.

"Tenis mulai menemukan jalannya kembali dan, meski kita harus menjaga kesehatan dan keselamatan semua yang terlibat. Kami berharap bisa mempertahankan kesempatan bermain ini dan menghasilkan penyelesaian yang kuat musim ini," kata Ketua ATP Andrea Gaudenzi.

"Saya ingin memuji turnamen-turnamen untuk komitmen mereka yang berkelanjutan, fleksibilitas dan kecakapan dalam menemukan solusi untuk beroperasi di bawah situasi yang menantang ini."

Di antara perubahan lainnya, St. Petersburg Open akan naik status menjadi ATP 500 untuk edisi 2020.

"Kalender yang direvisi juga memberi konfirmasi bahwa Final NextGen ATP di Milan tidak digelar pada 2020 karena dampak Covid-19," demikian pernyataan ATP.

Pernyhataan itu menambahkan bahwa kalender sementara tetap dapat berubah dan akan mengeksplorasi opsi untuk event tambahan untuk ditambahkan ke dalam jadwal, termasuk kesempatan untuk mengeluarkan lisensi tahun tunggal dalam jumlah terbatas.

Sementara itu, penyelenggara turnamen akhir tahun ATP Final telah mengumumkan bahwa Novak Djokovic, Rafael Nadal, dan Dominic Thiem adalah tiga pemain pertama yang lolos ke turnamen yang akan digelar pada 15-22 November itu.

Final edisi ulang tahun ke-50 di London, yang diikuti delapan pemain tunggal dan ganda terbaik, rencananya akan digelar tanpa penonton sejalan dengan pedoman pemerintah Inggris Raya, kata penyelenggara.

"ATP tetap berharap bahwa akhir tahun ini penonton diizinkan kembali ke stadion dengan cara berjarak sosial, menyusul serangkaian event percontohan yang sedang dilakukan di Inggris Raya," tambah mereka sebagaimana dilansir Reuters yang dikutip Antara pada Jumat (14/8/2020) tengah malam WIB.

Menurut catatan Bisnis.com, petenis Spanyol Rafael Nadal Parera merupakan juara single putra Italia Terbuka pada Mei tahun lalu, yang digelar di kompleks olahraga Foro Italico di Roma.

Ketika itu, dalam pertandingan final di Roma, Nadal berhasil menundukkan Novak Djokovic (Serbia) melalui pertarungan tiga set yang berakhir dengan angka 6–0 4–6 6–1.

Nadal juga merupakan juara terbanyak single putra Italia Terbuka. Petenis kelahiran Mallorca, Spanyol, 34 tahun itu sembilan kali juara. Sebelumnya dia tampil sebagai kampiun pada 2005 hingga 2007, 2009 dan 2010, 2012 dan 2013, serta 2018.

Sementara itu, juara bertahan single putri adalah Karolina Pliskova (Republik Cheska) setelah di laga puncak menghentikan petenis putri nomor satu Inggris Johanna Konta dengan angka 6–3 6–4.

Di nomor ganda putra, pasangan Kolombia Juan Sebastián Cabal/Robert Farah tamp;il sebagai njuara tahun lalu setelah di final menaklukkan Raven Klaasen (Afrika Selatan)/Michael Venus (Selandia Baru) 6–1 6–3.

Adapun di ganda putri, juaranya adalah Victoria Azarenka (Belarusia)/Ashleigh Barty (Australia) yang mengatasi Anna-Lena Grönefeld (Jerman)/Demi Schuurs (Belanda) 4–6 6–0 (10–3) di final.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tenis rafael nadal
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top