Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Obor Olimpiade 2020 Tokyo Gunakan Bahan Bakar Hidrogen

Penyelenggara Olimpiade 2020 Tokyo akan menggunakan obor berbahan bakar hidrogen.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Januari 2020  |  20:15 WIB
Tokyo bersiap menyambut Olimpiade & Paralympic Games 2020 - Reuters/Yuya Shino
Tokyo bersiap menyambut Olimpiade & Paralympic Games 2020 - Reuters/Yuya Shino

Bisnis.com, JAKARTA – Penyelenggara Olimpiade 2020 Tokyo akan menggunakan obor berbahan bakar hidrogen untuk pertama kali ketika api Olimpiade diarak mengelilingi Jepang sebagai salah satu upaya menggelar ajang yang ramah lingkungan.

Penyelenggara ingin memotong emisi karbon yang dikeluarkan ketika pesta olah raga sedunia itu berlangsung sekaligus menggunakan Olimpiade untuk meningkatkan perhatian masyarakat terhadap isu lingkungan.

Beberapa rangkaian dari pawai obor akan menggunakan hidrogen, yang tidak akan mengeluarkan emisi karbon dioksida ketika dibakar, dan gas tersebut juga akan digunakan sebagai bahan bakar kaldron Olimpiade di upacara pembukaan dan penutupan.

Hidrogen akan digunakan untuk menyalakan obor ketika diarak melewati prefektur Fukushima dan Aichi juga di sebagaian wilayah Tokyo, sementara di bagian lain akan menggunakan bahan bakar gas.

"Selama persiapan ajang ini, Tokyo 2020 telah secara konsisten mempromosikan konservasi energi dan penggunaan energi terbarukan dengan tujuan untuk mendukung terciptanya masyarakat berkarbon netral," demikian pernyataan penyelenggara Olimpiade 2020 pada Senin (27/1/2020).

Selain itu, sekitar 500 mobil yang ditenagai sel bahan bakar hidrogen akan digunakan selama Olimpiade, yang digelar dari 24 Juli hingga 9 Agustus.

Inisiatif lainnya untuk memangkas dampak terhadap lingkungan termasuk menyediakan kasur yang dibuat dari kardus yang didaur ulang untuk wisma atlet, kemudian medali Olimpiade yang dibuat dari daur ulang komponen-komponen elektronik dan obor yang berbahan dasar limbah alumunium.

Pawai obor Olimpiade akan dimulai di Fukushima pada 26 Maret dan menyusuri semua 47 prefektur di Jepang sebelum upacara pembukaan digelar pada 24 Juli.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Olimpiade 2020

Sumber : Antara/Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top