Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Tunggu Laporan Ketum PSSI Erick Thohir soal Sanksi FIFA

Jokowi menunggu laporan langsung dari Ketum PSSI Erick Thohir terkait potensi sanksi FIFA akibat dibatalkannya Piala Dunia U-20 di Indonesia.
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku masih menunggu laporan secara langsung dari Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, terkait potensi sanksi FIFA usai pencabutan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan keterangan pers usai peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, di Mahoni Ballroom, Lido Lake Resort, KEK Lido, Kabupaten Bogor, Jumat (31/3/2023).

“Ya itu nanti setelah saya ketemu Pak Erick [akan ditanya] antisipasi [sanksinya] seperti apa. Belum tahu, pak Erick sudah datang apa belum tadi malam atau tadi pagi. Tidak tahu. Kalau sudah datang [dia] akan langsung melaporkan ke saya,” kata Jokowi, Jumat (31/3/2023). 

Lebih lanjut, dia mengaku memahami alasan keikutsertaan tim nasional sepak bola Israel di Piala Dunia U-20 Indonesia menghadirkan polemik sehingga membuat Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menolak timnas Israel untuk berlaga di Indonesia. 

Meski demikian, dia berharap agar Kepala Daerah tak seharusnya mencampuradukkan urusan politik dengan olahraga.

“Ya, saya memahami ini negara demokrasi. Namun, yang paling penting jangan dicampuradukkan. Sudah saya sampaikan kan, jangan dicampuradukkan ada wilayah politik ada wilayah bola,” ujarnya.

Sebagai informasi, sebelum Piala Dunia U-20 di Indonesia yang rencananya akan digelar 20 Mei-11 Juni 2023, delegasi Israel pernah terlibat di berbagai event internasional yang digelar di Indonesia, termasuk di Bali. 

Salah satunya, delegasi Parlemen Israel sebelumnya pernah datang ke Sidang Majelis Ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) di BICC, Nusa Dua, Bali, 20–24 Maret 2022. 

Jauh sebelum itu, pada 2015 pemain bulu tangkis Israel, Misha Zilberman juga pernah tampil di Kejuaraan Dunia BWF yang digelar di Istora Senayan. Saat itu, sempat ada kendala visa yang menyebabkan Zilberman tertahan di Singapura, meski akhirnya tetap bisa berlaga di Istora.

Selanjutnya pada 24-26 September 2022, atlet panjat tebing Israel, Yuval Shemla, juga pernah berlaga di Piala Dunia panjat tebing yang digelar di Jakarta.

Kemudian, pada Februari lalu, pembalap sepeda Mikhail Yakovlev juga pernah berlaga di kejuaraan dunia UCI Track Nations Cup 2023 yang digelar di Velodrome Jakarta.

Perwakilan Israel juga pernah berlaga di Kejuaraan Dunia Esport IESF ke-14 yang juga digelar di Nusa Dua, Bali pada Desember lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper