Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Video 10 Selebrasi Gol Terkenal dan Terbaik Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Selebrasi gol merupakan hal lumrah dalam dunia sepak bola, berikut daftar selebrasi gol terbaik yang pernah ada.
Ilustrasi gawang/Reuters
Ilustrasi gawang/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap mencetak gol, hampir semua pesepakbola merayakannya dengan caranya tersendiri.

Meski sudah ada larangan selebrasi gol dengan membuka baju atau jersey, ada banyak cara unik lainnya yang dilakukan para bintang lapangan ini usai merobek gawang lawan.

Berikut daftar gol selebrasi terbaik sepanjang sejarah piala dunia dilansir dari givemesport.

10. Brian Laudrup (1998)

Brasil telah menempatkan empat gol melewati Chile di babak 16 besar Piala Dunia 1998, dan Denmark tidak diharapkan untuk menguji mereka di perempat final, di Nantes, tetapi dua kali orang Eropa utara maju, sebelum akhirnya menyerah pada semangat. kekalahan 3-2.

Hanya lima menit dari babak kedua telah berlalu ketika Brian Laudrup menemukan dirinya di tempat yang tepat pada waktu yang tepat untuk mendorong bola tinggi ke gawang Brasil, melewati Cláudio Taffarel yang terbuka. Dengan gembira, dia pergi sebelum menjatuhkan diri ke rumput dalam pose kursi malas yang kemudian ditiru oleh beberapa rekan satu timnya.

9. Julius Aghahowa (2002)

Setelah kalah tipis di pertandingan pembukaan Piala Dunia 2002 dari Argentina, banyak yang diistirahatkan pada pertandingan kedua Nigeria, melawan Swedia, di Kobe.

Ketika Joseph Yobo mengayunkan umpan silang yang menghukum dari sisi kanan, Julius Aghahowa melewati Magnus Hedman untuk bola, yang diarahkan ke gawang. Dia kemudian memulai tujuh backflip yang tidak akan terlihat aneh dalam rutinitas lantai Olimpiade.

Sayangnya, Nigeria tidak dapat menerjemahkan gol mereka menjadi kemenangan, karena dua gol Henrik Larsson menyingkirkan mereka dari Grup Kematian tahun itu.

8. Siphiwe Tshabalala (2010)

Sebuah gol ikonik terjadi, ketika Siphiwe Tshabalala memperkuat tendangannya yang luar biasa melawan Meksiko di Piala Dunia 2010. Tidak hanya menyenangkan secara estetika, tetapi juga merupakan gol pertama yang dicetak di Piala Dunia di tanah Afrika , yang dinyatakan oleh komentator Peter Drury sebagai tujuan untuk seluruh Afrika.

Kegembiraan tanpa batas, Tshabalala dan rekan satu timnya pergi menuju bendera sudut, di mana mereka menikmati rutinitas tarian yang terlatih dengan baik.

7. Fabio Grosso (2006)

Dengan hanya dua menit perpanjangan waktu tersisa di semifinal Piala Dunia 2006 antara Italia dan Jerman, muncul pahlawan yang tidak terduga. Bek kiri Palermo, Fabio Grosso melepaskan tembakan indah untuk memecah kebuntuan, mendorongnya untuk melakukan selebrasi yang mengulang selebrasi Marco Tardelli di final 1982.

Mengingat kecenderungan tuan rumah untuk adu penalti, ini adalah perayaan yang diselimuti kelegaan Italia, sekaligus kegembiraan.

6. Papa Bouba Diop (2002)

Pada pertandingan pembukaan Piala Dunia 2002, tidak ada yang memberikan banyak harapan kepada tim kualifikasi pertama Senegal untuk mengacaukan peluang. Namun, dengan waktu 30 menit, mereka menyerang Prancis yang secara mengejutkan pejalan kaki.

Youri Djorkaeff direbut di lini tengah, dan El Hadji Diouf melesat pergi sebelum memusatkan ke Papa Bouba Diop untuk memasukkan bola pada upaya kedua. Ke bendera sudut dia berlari, di mana dia melepas bajunya, dan meletakkannya di rumput, sehingga dia dan rekan satu timnya bisa menari mengelilinginya.

Senegal melaju ke perempat final, menyamai pencapaian Kamerun 12 tahun sebelumnya.

5. Junior (1982)

Saat Brasil menghadapi musuh lama Argentina, di Estadi de Sarrià, selama babak grup putaran kedua Piala Dunia 1982, sang juara bertahan diberi pelajaran tentang keindahan sepakbola.

Adalah Junior yang mencetak gol ketiga Brasil hari itu, mengatur waktu larinya dengan sempurna, saat Zico mengirimkan umpan yang menghancurkan yang menetralkan seluruh pertahanan Argentina, dan membuat kiper mereka, Ubaldo Fillol, terekspos dengan buruk.

Menempatkan bola dengan gaya dan mudah, Junior kemudian pergi untuk merayakannya dengan tap-dance di lapangan.

4. Josimar (1986)

Josimar yang sebelumnya tidak bermain, terkejut melihat dirinya berbaris melawan Irlandia Utara di Piala Dunia 1986.

Tiga menit sebelum jeda, dia melepaskan tembakan tak terbendung yang melewati Pat Jennings yang legendaris, dari mana dia berlari dengan kaki terangkat dan lengan terentang, tidak ada rekan setim yang mampu mengimbanginya.

3. Bebeto (1994)

Dua hari sebelum Brasil menghadapi Belanda di babak perempat final Piala Dunia 1994, istri Bebeto melahirkan putranya, Mattheus.

Ketika pemain Brasil nomor tujuh menerobos untuk mengalahkan Ed de Goeij, membuat timnya unggul 2-0, respons spontannya adalah merayakannya dengan gerakan mengayun, sesuatu yang kemudian diikuti oleh Mazinho dan Romário.

Meskipun Belanda kembali bermain, Brasil akhirnya maju, memenangkan Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 24 tahun.

2. Roger Milla (1990)

Roger Milla, pria yang menunjukkan kepada dunia bagaimana menari dengan bendera sudut telah pensiun dari sepak bola pada tahun 1987 tetapi dibujuk kembali untuk kesempatan lain di Piala Dunia pada usia 38, delapan tahun setelah memimpin dari depan untuk Kamerun, di spanyol.

Awalnya menempati peran penatua skuad di bangku cadangan, Milla segera mencuri perhatian untuk Indomitable Lions, mencetak dua gol melawan Rumania di pertandingan kedua penyisihan grup, dan kemudian mengantongi dua gol lagi di babak 16 besar melawan Kolombia, termasuk yang memalukan. René Higuita yang terlalu percaya diri, ketika Milla menangkapnya saat menguasai bola di luar area penalti sendiri.

Dengan setiap gol yang dicetaknya, tarian Milla meningkat dalam kemahirannya, seperti halnya finishingnya.

1. Marco Tardelli (1982)

Sebagus gol yang dia cetak di final Piala Dunia 1982 – dan itu adalah kreasi tim yang luar biasa – itu adalah perayaan Marco Tardelli yang tetap tersimpan di bank memori semua orang yang menyaksikannya.

Kaki dipompa, tinju terangkat, dan kepala gemetar dari sisi ke sisi saat dia memberikan komentar pribadinya, Tardelli hidup saat semua pecinta sepak bola akan memimpikan diri mereka sendiri sebagai seorang anak.

Diulangi di televisi begitu sering sehingga hampir menjadi klise untuk sementara waktu, dalam lanskap perayaan yang sangat koreografi dan kecenderungan untuk melompat ke kerumunan, menyelipkan perhatian rekan satu timnya yang gembira, Tardelli kini telah menjadi lingkaran penuh sebagai ayah dari selebrasi gol terbesar Piala Dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper