Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Persaingan Bos Apple, Zara dan Jim Ratcliffe Beli MU, Siapa Paling Berpeluang?

Tiga orang taipan kelas dunia bersaing untuk memiliki klub sepak bola asal Inggris, Manchester United.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 25 November 2022  |  19:22 WIB
Persaingan Bos Apple, Zara dan Jim Ratcliffe Beli MU, Siapa Paling Berpeluang?
Stadion Old Trafford
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar dijualnya salah satu klub elit Inggris Manchester United, langsung menarik perhatian para taipan dunia.

Hingga saat ini, dikabarkan ada tiga taipan yang tertarik membeli klub yang sempat diperkuat oleh Cristiano Ronaldo dkk itu.

Ketiga taipan itu yakni CEO Apple Tim Cook, orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe dan terakhir adalah bos ZARA Amancio Ortega.

Uniknya, ketiganya sama sekali belum punya pengalaman memiliki klub olahraga, termasuk sepak bola.

Saat ini, Manchester United dimiliki oleh keluarga Glazer.

Mengutip laman BBC keluarga Glazer telah memegang klub ini sejak tahun 2005 dan membelinya seharga 790 juta euro. Sementara, keluarga tersebut diperkirakan akan menjual Manchester United sekitar 4 miliar - 4,5 miliar euro.

Kesepakatan potensial apa pun hampir pasti akan menjadi akuisisi klub sepak bola paling mahal dalam sejarah, melebihi biaya 4,25 miliar euro yang dibayarkan konsorsium yang dipimpin oleh Todd Boehly untuk Chelsea awal tahun ini.

Salah satu masalah utama yang dihadapi siapa pun yang membeli United adalah Old Trafford, stadion ikonik klub. Tempat tersebut telah lama membutuhkan perombakan untuk bersaing dengan klub terbesar di seluruh dunia.

Dapat dipahami bahwa membangun kembali stadion akan menelan biaya sekitar 1,5 miliar euro. Bakal menjadikan lapangan sepak bola termahal di dunia - di atas stadion baru Tottenham senilai 1 miliar euro.

Stadion Old Trafford

Berikut profil para konglomerat terkaya dunia yang tertarik mengambil alih setan merah dari tangan keluarga Glazer.

1. Sir Jim Ratcliffe 

Salah satu orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe ini mungkin menjadi salah satu orang yang sudah lama mengidam-idamkan memiliki Manchester United. Dia juga menjadi taipan pertama yang diisukan bakal 'merebutnya' dari tangan Keluarga Glazer.

Sebelumnya, Jim Ratcliffe sempat diisukan melayangkan tawaran untuk membeli klub Chelsea, namun urung. Lalu pada bulan Agustus tahun ini, Jim Ratcliffe menyatakan keinginannya untuk memiliki  Manchester United, salah satu klub bola terbesar dunia.

Mengutip laman Bloomberg, Jim Ratcliffe merupakan pendiri dan pemilik mayoritas Ineos. Kekayaan bersih pria berusia 70 tahun itu mencapai US$10,3 miliar. Pada 18 Mei tahun lalu, kekayaan Jim Ratcliffe bahkan menyentuh angka US$29,7 miliar. 

Saat ini dalam urutan orang terkaya di dunia, Jim Ratcliffe menempati posisi ke 173 setelah Leon Hitam di angka 172.

Ineos sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri sebagai produsen bahan kimia yang berbasis di London. Perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 26.000 karyawan dengan pendapatan sekitar US$61 miliar.

Perusahaan ini menjadi aset terbesar milik Jim Ratcliffe, ini sudah beroperasi di 29 negara di dunia. Setiap tahunnya, perusahaan ini menghasilkan sekitar 60 juta ton bahan kimia seperti polimer dan resin.

2. Tim Cook

Desas-desusnya, Apple tertarik membeli klub Inggris ini dengan harga 5,8 miliar poundsterling atau sekitar Rp110 triliun. 

CEO Apple Tim Cook dikabarkan berminat menjajaki kemungkinan pembelian The Red Devils.

Apple pun berniat untuk membangun kembali dan melakukan perombakan besar untuk Old Trafford. MU sendiri telah berkandang di Old Trafford sejak 1910.

Dilansir dari Dailystar, Apple adalah perusahaan teknologi terbesar di dunia dengan pendapatan tahunan hampir £326 miliar dan perkiraan kekayaan bersih bulan ini sebesar £2 triliun.

Perusahaan yang berbasis di California itu tidak memiliki pengalaman memiliki klub sepak bola sebesar United.

Tetapi CEO Tim Cook ingin mengeksplorasi peluang yang dapat diberikan oleh kepemilikan United dan akan mengatur pembicaraan dengan bank yang ditunjuk untuk mengawasi penjualan, termasuk The Raine Group.

3. Armancio Ortega 

Manchester Evening News memberitakan orang ketiga yang ingin membeli MU adalah Armancio Ortega, pendiri merek pakaian Zara dan orang terkaya ke-19 di dunia.

Ortega telah 'berbicara dengan eksekutif Old Trafford' untuk menyatakan minatnya membeli United.

Pada hari di mana terungkap bahwa Apple tertarik untuk membeli Manchester United dalam kesepakatan £5,8 miliar, berita tentang minat yang dilaporkan dari Ortega akan membangkitkan minat para pendukung yang putus asa untuk melihat akhir dari pemerintahan Glazers.

Ortega berusia 86 tahun dan dilaporkan memiliki kekayaan US$61,3 miliar, menurut daftar kaya miliarder Forbes.

Miliarder mode asal Spanyol ini tidak memiliki pengalaman menjalankan tim olahraga dan malah menghasilkan uang di bidang real estat dan mode.

Dia memiliki 59 persen dari kerajaan pakaian Inditex, yang dia mulai pada tahun 1975, dan tahun lalu menunjuk putrinya, Maria Ortega Perez, sebagai ketua Zara.

Ortega, yang memiliki tiga anak, akan mewakili pergeseran dari keluarga Glazer yang telah memiliki Manchester United sejak 2005.

Tapi diperkirakan akan ada banyak persaingan untuk United, karena mereka tetap menjadi salah satu perusahaan paling menguntungkan di semua olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manchester united konglomerat tim cook zara orang terkaya
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top