Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Usai Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022, Menpora Bidik Emas di Dua Olimpiade

Menpora Zainudin Amali menargetkan atlet panjat tebing Indonesia menyabet medali emas di dua olimpiade yakni di Paris 2024 dan New York 2028.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 24 September 2022  |  15:34 WIB
Usai Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022, Menpora Bidik Emas di Dua Olimpiade
Usai Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022, Menpora Bidik Emas di Dua Olimpiade. Menpora Zainudin Amali - Bisnis / Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menargetkan atlet panjat tebing Indonesia menyabet medali emas di dua olimpiade yakni di Paris dan New York usai gelaran Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 di Jakarta.

"Sebagaimana Pak Presiden [Jokowi] menyampaikan pada ketua [FPTI] langsung, waktu beliau beraudiensi beberapa hari yang lalu, beliau sudah memberi kita target, olimpiade Paris 2024 harus gold, dan insya Allah kita bisa itu," kata Zainudin Amali di Jakarta, Sabtu (24/9/2022). 

Ketua Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid menyebutkan, persiapan atlet panjat tebing Indonesia untuk mengikuti Olimpiade Paris tahun 2024 sudah dilakukan dengan berbagai pembinaan atlet. Hal ini dilakukan atas dukungan penuh Kemenpora terhadap cabang olah raga ini.

"Untuk pembinaan atlet, Kemenpora sudah memberikan support yang luar biasa, jadi atlet atlet pelatnas, dikirim ke luar negeri untuk bertanding, itu semua merupakan pembinaan jangka pendek dan jangka panjang," papar Yenny saat ditemui di acara yang sama di Kawasan SCBD, Jakarta Selatan, pada Sabtu (24/9/2022).

Yenny menerangkan, dalam Olimpiade di Paris 2024 mendatang, pihaknya belum menargetkan atlet panjat tebing kategori bouldering ataupun lead untuk mendapatkan medali. Kalau [target] bouldering itu masih agak jauh, karena tingkat kesulitannya juga lumayan," kata Yenny.

Meskipun demikian, Yenny menyebut, untuk cabang olahraga panjat tebing kategori lead, pihaknya menargetkan untuk mendapatkan medali pada Olimpiade di Los Angeles tahun 2028 mendatang.

Sebelumnya, Menpora mengaku bangga dengan keberhasilan FPTI yang membawa Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 (IFSC). 

"Ini hadiah yang luar biasa, mimpi kita yang sudah lama, dan terwujud disaat kepemimpinan Mbak Yenny Wahid," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

panjat tebing Kejuaraan Dunia Panjat Tebing menpora olimpiade
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

back to top To top