Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IFSC Digelar, Kenali Aspar Jaelolo Atlet Speed yang Mewakili Indonesia

Siapakah itu Aspar Jaelolo dan apa saja prestasi kejuaraan panjat tebing yang telah diraihnya? 
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 23 September 2022  |  22:57 WIB
IFSC Digelar, Kenali Aspar Jaelolo Atlet Speed yang Mewakili Indonesia
Aspar Jaelolo Atlet Speed dalam ajang panjat tebing. - FPTI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - International Federation of Sport Climbing (IFSC) akan digelar di Indonesia sebagai tuan rumah pada Sabtu, 24 September hingga Senin, 26, September 2022 mendatang.

Ajang kejuaraan dunia tersebut akan berlangsung di Lot 16-17, Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan. Sekitar 200 atlet dari 27 negara akan berpartisipasi dengan 42 atlet di antaranya dari Indonesia.

Dari jumlah 42 atlet, sebanyak 22 atlet menjadi nomor speed dan 20 atlet menjadi nomor lead dengan rincian 12 atlet speed putra dan 10 atlet putri, serta 10 atlet lead putra dan 10 atlet putri.

Nama Aspar Jaelolo termasuk dalam atlet speed di kejuaraan panjat tebing dunia yang digelar di Indonesia. Lantas, siapa itu Aspar Jaelolo dan apa saja prestasi kejuaraan panjat tebing yang telah diraihnya? 

Simak berikut ini seperti yang dilansir dari laman resmi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) pada Jumat (23/9/2022).

Profil dan Perjalanan Aspar Jaelolo menjadi Atlet Panjat Tebing

Aspar Jaelolo lahir pada 24 Januari 1988 di Wani, Sulawesi Tengah. Dia menjalani pendidikan di Madrasah Aliah (MA) Swasta Yaspia WANI dan melanjutkannya di Universitas Ewako.

Sebelum menjadi atlet panjat tebing, Aspar mengikuti salah satu organisasi pencinta alam di kampusnya pada 2007. Di dalam organisasi tersebut, Aspar memilih divisi panjat tebing.

Kemudian, dia mengikuti ajang pekan olahraga mahasiswa se-Sulawesi Tengah dan menjadi nomor lead. Pertama kali berlaga, Aspar langsung menyabet emas.

Kemudian, atlet berusia 34 tahun itu beralih ke speed karena Aspar menonjol di nomor tersebut. Awal mula beralih ke speed ketika dia mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional. Ini karena Aspar tidak lolos di lead, sehingga dialihkan ke speed. Namun, dia hanya mampu menduduki peringkat empat.

Melihat atlet-atlet yang menjadi juara umum saat itu terutama dari DKI Jakarta, Aspar menjadi penasaran bagaimana mereka bisa sangat cepat. Kemudian, dia terbang ke Jakarta untuk melihat proses latihan para atlet. Aspar pun bergabung dengan panjat tebing DKI Jakarta.

Prestasi yang Diperoleh Aspar Jaelolo

Pada 2016, Aspar sukses merebut emas untuk speed world record perorangan putra, tim putra, dan tim campuran Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat.

Dia pun pernah menyabet emas speed world record relay tim putra di Asian Championship Iran. Tidak hanya itu, Aspar juga memperoleh perunggu untuk speed world record individual putra. 

Pada 2017, dia juga meraih perak untuk speed world record perorangan putra di kejuaraan nasional. Di tahun yang sama, Aspar meraih perak di China untuk speed world record individual putra dalam ajang IFSC World Cup 2017. Pada 2018, dia kembali mendapatkan perak di China untuk speed world record individual putra di IFSC World Cup 2018.

Kemudian, di tahun 2019 Aspar berhasil meraih perunggu di Rusia untuk speed world record individual putra dalam ajang IFSC World Cup 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

panjat tebing atlet kejuaraan dunia
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top