Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Roger Federer Pensiun, Ini Rekam Jejak Kariernya di Dunia Tenis

Mantan petenis nomor satu dunia, Roger Federer, mengumumkan bahwa dirinya akan segera gantung raket alias pensiun.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 September 2022  |  11:20 WIB
Roger Federer Pensiun, Ini Rekam Jejak Kariernya di Dunia Tenis
Roger Federer - Reuters/Ahmed Jadallah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan petenis nomor satu dunia, Roger Federer, mengumumkan bahwa dirinya akan segera gantung raket alias pensiun.

Roger Federer mengumumkan bakal pensiun dari dunia tenis setelah turnamen Laver Cup di London pekan depan, Kamis (15/9/2022).

Federer telah meraih 20 gelar Grand Slam sepanjang kariernya dan dianggap sebagai pemain terbaik di arena tenis dunia. Dia belum bertanding lagi sejak Wimbledon 2021 lantaran cedera lutut yang membekapnya beberapa tahun terakhir.
"Seperti yang Anda ketahui, tiga tahun terakhir ini saya mendapatkan tantangan dalam bentuk cedera dan operasi," kata Federer dalam unggahannya di akun Instagramnya.

"Saya telah bekerja keras untuk kembali ke bentuk terbaik, tapi saya juga tahu kapasitas dan batas tubuh saya, dan pesan yang disampaikan kepada saya akhir-akhir ini sudah jelas. Saya berusia 41 tahun. Saya telah memainkan lebih dari 1.500 pertandingan selama 24 tahun," ujar petenis asal Swiss tersebut.

Federer mengatakan, di usianya saat ini dia sudah harus sadar diri tak bisa bersaing dengan petenis yang lebih muda.

Oleh karena itu, Federer akhirnya mantap memilih turnamen Laver Cup sebagai penutup kariernya sebagai petenis.

Berikut rekam jejak karier Roger Federer dalam dunia tenis:

  • 2001 - Roger Federer tampil untuk kali pertama Grand Slam dengan mengakhiri 31 kemenangan beruntun petenis Amerika Serikat, Pete Sampras, di babak keempat tenis Wimbledon. Namun, ia kalah di babak perempat final dari Tim Henman.
  • 2002 - Menjadi petenis Swiss pertama yang finis di 10 besar ranking ATP dan tampil di turnamen akhir musim ATP Finals sejak Jakob Hlasek yang berada di peringkat delapan pada musim 1988.
  • 2003 - Membuat sejarah di Grand Slam pada tahun berikutnya di Wimbledon dengan mengalahkan Mark Philippoussis di partai final. Capaian ini menjadi yang pertama dari delapan gelar Wimbledon yang ia raih sepanjang kariernya.
  • 2004 - Roger Federer memenangi tiga turnamen besar: Australia Open, Wimbledon dan US Open. Capaian itu menjadikannya orang pertama yang meraih tiga gelar dalam satu musim sejak Mats Wilander pada 1988. Dia juga menjadi pemain pertama di Era Terbuka yang memenangkan empat final Grand Slam pertamanya.
  • 2005: Mempertahankan gelar Wimbledon dan AS Terbuka setelah gagal mencapai final di dua turnamen besar pertama pada musim ini.
  • 2006: Mencapai keempat final Grand Slam, menang di Australia Open, Wimbledon dan US Open. Pada musim ini, ia juga sudah memiliki 12 gelar dengan rekor menang-kalah 92-5. Ia finis di peringkat teratas ATP untuk tahun ketiga berturut-turut.
  • 2007: Menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mencapai keempat final Grand Slam secara berturut-turut. Ia berhasil meraih gelar di Melbourne Park, Wimbledon dan Flushing Meadows.
  • 2008: Memperpanjang perjalanannya memenangkan setidaknya satu gelar Grand Slam menjadi enam tahun berturut-turut dengan merebut titel AS Terbuka. Di musim, ia sempat terhambat sakit dan cedera. Ia juga berhasil memenangkan medali emas ganda putra Olimpiade bersama Stan Wawrinka di Olimpiade Beijing.
  • 2009: Meraih gelar Prancis Terbuka. Ia menang setelah mematahkan rekor 31 kemenangan beruntun Rafael Nadal di Roland Garros. Saat itu, Rafa berakhir di babak keempat. Federer memenangkan gelar Grand Slam ke-15 di Wimbledon, melampaui catatan rekor Sampras.
  • 2010: Memulai tahun dengan memenangkan Australia Terbuka untuk keempat kalinya.
  • 2012: Ia memegang rekor dengan meraih gelar ke-17 Grand Slam di Wimbledon. Ia juga mengklaim medali perak di tunggal putra di Olimpiade London 2012 setelah kalah dari Andy Murray.
  • 2013: Berjuang dengan cedera punggung dan gagal menambah jumlah gelarnya di Grand Slam hingga 2017.
  • 2017: Kembali dari cedera enam bulan untuk memenangkan Australia Terbuka. Pada usia 35 tahun, ia menjadi pemain tertua yang mengklaim gelar Grand Slam sejak Ken Rosewall dari Australia yang menang di Melbourne Park pada tahun 1972 pada usia 37 tahun. Di tahun itu, Roger Federer menjadi orang pertama yang memenangkan Wimbledon kedelapan dengan kemenangan atas Marin Cilic di final.
  • 2018: Memenangkan Australia Terbuka keenamnya untuk menjadi pemain keempat setelah Margaret Court, Serena Williams dan Steffi Graf yang memenangkan 20 gelar Grand Slam. Kemenangan itu membuatnya berhasil menyamai rekor Rod Laver dalam merebut empat gelar mayor setelah menginjak usia 30 tahun.
  • 2022: Setelah beberapa operasi lutut dalam beberapa tahun terakhir, Roger Federer mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari tenis kompetitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

roger federer tenis Petenis pensiun
Editor : Taufan Bara Mukti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

back to top To top