Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Dapat Tugas Khusus dari Jokowi Kawal Asean Para Games 2022 di Solo

Kegiatan Asean Para Games Solo 2022 yang diikuti oleh 11 negara diharapkan dapat mendatangkan multiplier effect terhadap perekonomian Indonesia.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno/Bisnis-Akbar Evandio
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno/Bisnis-Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendapat arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam perhelatan Asean Para Games 2022 di Kota Solo yang akan berlangsung pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. 
 
Kegiatan Asean Para Games yang ke-11 ini diikuti sekitar 2.000 peserta dimana 1.800 peserta di antaranya berasal dari mancanegara (negara anggota Asean) dengan 14 cabang olaharaga. Acara ini juga menjadi harapan mendatangkan multiplier effect yang besar bagi perekonomian.
 
Menparekraf Sandiaga Uno dalam penyataannya berpesan agar masyarakat memberikan dukungan penuh terhadap ajang tersebut karena Indonesia akan menyambut begitu banyak atlet dan panitia dari mancanegara. 
 
“Ini yang kita harapkan bisa menjadi pemantik kebangkitan bukan hanya olahraga kita tapi juga kebangkitan pariwisata dan ekonomi Kota Solo, Jawa Tengah, dan juga Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi Kemenparekraf, Senin (25/7/2022). 
 
Pada acara kali ini, Sandiaga mendapatkan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo  terkait tugasnya untuk mengawal Asean Para Games dalam upaya untuk mendongkrak performa pariwisata di Indonesia.
 
"Selain itu juga untuk mendongkrak penjualan omzet produk ekonomi kreatif dan UMKM kita. Kami lihat tadi kerajinan dan juga reog di tampilkan. Ini satu kesatuan kami fokuskan sebagai awal kebangkitan," lanjutnya.
 
Sebelumnya, Sandiaga menghadiri rangkaian Torch Relay Asean Para Games Solo 2022 sebagai bentuk simbolis pembukaan acara Asean Para Games 2022 bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Minggu (24/7/2022).  
 
Menparekraf Sandiaga Uno beserta Gibran dengan beberapa artis tanah air memulai rangkaian Torch Relay atau pawai obor dari Sala View Hotel, Purwosari, menuju ke Stadion Sriwedari. Sesampainya di Stadion Sriwedari, Menparekraf Sandiaga Uno beserta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan Victory Lap. 
 
ASEAN Para Games adalah acara multi-olahraga dua tahunan yang diadakan setelah Pesta ASEAN Games yang melibatkan atlet penyandang cacat dari 11 negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Vietnam, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Timor Leste. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper