Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Optimis Juara Umum dan Sukses Selenggarakan Asean Paragames 2022

Selain itu, Indonesia juga optimistis bisa meraih predikat juara umum Asean Paragames 2022 pada pagelaran 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang itu.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 20 Juli 2022  |  18:11 WIB
Indonesia Optimis Juara Umum dan Sukses Selenggarakan Asean Paragames 2022
Menpora Zainudin Amali - Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia optimistis bakal sukses menyelenggaran Asean Paragames 2022 di Surakarta, Jawa Tengah.

Selain itu, Indonesia juga optimistis bisa meraih predikat juara umum Asean Paragames 2022 pada pagelaran 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang itu.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali selaku Ketua Panitia Penyelenggara mengatakan, Indonesia sudah berpengalaman menjadi tuan rumah olahraga multi event, bahkan tingkat Asia.

"Sebenarnya, kita ini kan sudah berpengalaman menjadi tuan rumah multi event, bahkan sampai tingkat Asia, yakni Asian Games dan Asian Para Games 2018," katanya Zainudin dalam diskusi bertema “Indonesia Bidik Juara Umum Asean Para Games 2022” yang digelar Forum Merdeka Barat 9, Rabu, (20/7/22).

Dia mengaku telah mengecek langsung persiapan di lapangan. Dari pengecekan yang dilakukannya dan dari laporan yang diterimanya, tambahnya, semua persiapan berjalan lancar. Bahkan termasuk seremoni pembukaan dan penutupan.

"Jadi sebenarnya, walaupun dalam waktu yang singkat, kita ditunjuk untuk menjadi tuan rumah, tapi karena kesiapan infrastruktur yang ada, kesiapan SDM kita, jadi kita sebenarnya tidak kaget lagi," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Walikota Surakarta selaku Ketua Indonesia National Paralympic Organization Comittee (INASPOC), Gibran Rakabuming menyampaikan persiapan daerah yanh ia pimpin menjelang pergelaran acara.

"Ya, untuk persiapaannya sudah sangat siap ya, untuk venue-venue kemarin sudah ditengok langsung oleh Pak Menpora," katanya.

Dia mengatakan, venue-venue yang disiapkan sudah memenuhi standar dari para atlet. Sehingga, sejauh ini, pihaknya belum menerima komplain apapun.

Optimis Indonesia Juara

Sementara itu, Ketua Komite Nasional Paralimpiade Indonesia (KKNPI), Senny Marbun optimis Indonesia akan meraih juara umum dalam pergelaran Asean Para Games tahun ini.

Pihaknya telah melakukan persiapan panjang semenjak Indonesia dipercayakan menjadi tuan rumah pergelaran ajang bergengsi di tingkat Asean ini. Ia meminta dukungan seluruh masyarakat Indonesia untuk bekerja sama menyukseskan Asean Para Games.

“Kalau kita udah berani target juara umum, tentunya kita udah siap banget. Saya yakin kita pasti bisalah memenuhi target masyarakat untuk juara umum. Tapi tentu juga kita mohon doanya agar bisa sukses," kata Marbun di awal-awal pemaparannya.

Dia menambahkan, sejauh ini Pemerintah telah memberi dukungan penuh terhadap pelaksaan Asean Para Games. Setidaknya, setelah ia membawa aspirasi agar Indonesia Kembali menjadi tuan rumah pergelaran Asean Para Games ini ke Presiden.

“Untungnya Bapak Presiden kita peduli dengan masyarakat difabel ya. Bapak Presiden itu peduli dengan kaum marginal. Dan akhirnya Pak Jokowi jawab, oh iya coba kita beri kesempatan untuk dilakukan di Solo," ujarnya.

Sementara itu, Dian David Mickael Jacobs, selaku Atlet Para Tenis Meja Kelas 10 menyampaikan ia dan teman-temannya sudah siap untuk bertanding di Asean Para Games 2022 di Solo.

Kesiapan ini, katanya, tidak terlepas dari persiapaan panjang yang dilakukan para atlet. Bahkan, khusus atlet tenis meja, timnya sudah beberapa kali melakukan try out baik di luar maupun di dalam negeri.

"Kalau dari persiapaan tenis meja, cukup lama ya dan sudah ada beberapa try out juga di luar maupun di dalam negeri yang dilakukan," katanya.

Untuk saat ini, kata David, timnya fokus melakukan latihan strategis dan menganalisa teknik lawan agar bisa keluar sebagai juara.

"Jadi, saat ini kita sudah siap untuk bertanding. Saat ini kita lebih banyak latihan strategis dan juga menganalisa lawan-lawan kita di Asean para games," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Asean Paragames menpora
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top