Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atlet Asean Para Games Bakal Diberi Suvenir Wayang Kulit Rojomolo

Para atlet yang bertanding pada Asean Para Games (APG) akan diberi suvenir berupa wayang kulit dari maskot dan logo APG XI 2022 Rajamala (Rojomolo).
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat memberikan keterangan kepada wartawan. ANTARA/Aris Wasita
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat memberikan keterangan kepada wartawan. ANTARA/Aris Wasita

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Pelaksana Indonesia National Paralympic Organization Comittee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka telah menyiapkan suvenir untuk para atlet yang bertanding pada Asean Para Games (APG) berupa wayang kulit dari maskot dan logo APG XI 2022 Rajamala (Rojomolo).

Hal itu, menurut Wali Kota Solo tersebut, juga sebagai langkah untuk melibatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sehingga kota Solo sebagai tuan rumah dapat merasakan dampak ekonomi dari penyelenggaraan ajang multievent ASEAN Para Games.

"Nanti ada salah satu suvenir yang bisa dibawa pulang ke negara masing-masing berupa Rojomolo dalam bentuk wayang kulit, dan yang jelas semua UMKM dilibatkan, semua produk lokal dilibatkan, semua seniman lokal dilibatkan, jadi ini saya kira impact-nya untuk pemulihan ekonomi luar biasa," ujar Gibran dalam diskusi daring Forum Merdeka Barat FMB-9 IKP Kominfo RI, Rabu.

Tidak hanya itu, lisensi untuk maskot dan logo juga digratiskan, sehingga diharapkan para UMKM dapat berpartisipasi dan menggunakan logo APG XI 2022. Dengan begitu, pemulihan ekonomi dapat dirasakan oleh semua kalangan.

"Jadi dari sisi ekonomi, pemulihan ekonomi bisa dirasakan oleh semua pihak, dari UMKM nya dari hotel, dari para penyewaan misalnya rental mobil, jadi semuanya Insyaallah kecipratan di acara yang sangat baik ini," kata Gibran.

Saat ini, Gibran mengungkapkan, penyelenggara tengah bersiap untuk menggelar acara kirab obor yang akan berlangsung mulai Minggu (24/7) dengan pengambilan api dari sumber api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan.

Rencananya, kirab obor, yang akan diramaikan oleh para mantan atlet, akan melalui Jalan Slamet Riyadi hingga finis di Balai Kota dengan jarak sekitar 4-5km. Kirab obor tersebut dilakukan menjelang acara puncak upacara pembukaan APG XI 2022 pada 30 Juli.

Lebih lanjut, Gibran mengatakan penyelenggara sudah sangat siap menggelar acara, termasuk arena pertandingan yang sudah sesuai dengan standard, ditandai dengan tidak ada komplain dari para atlet.

"Yang jelas ini sudah kedua kalinya kota Solo dipercaya untuk menjadi tuan rumah, yang jelas tahun ini lebih siap, venue-nya lebih siap, fasilitas umumnya lebih siap," kata Gibran.

"Volunteer juga sudah kami siapkan untuk menyambut para tamu sehingga nanti ketika mereka datang dan bertanding di sini tidak ada kendala, intinya sudah siap semua," ujarnya menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper