Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Kiromal Katibin, 'Spiderman Indonesia' yang Pecahkan Rekor Panjat Tebing Dunia

Kiromal Katibin catatkan rekor dunia sebanyak 6 kali, yang terbaru sukses selesaikan panjat tebing selama 5 detik untuk tinggi 15 meter.
Dua atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo (kanan) dan Kiromal Katibin./Antara/USA Today
Dua atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo (kanan) dan Kiromal Katibin./Antara/USA Today

Bisnis.com, SOLO - Kiromal Katibin menjadi trending topik di media sosial setelah memecahkan rekor pada olahraga panjat tebing tingkat dunia.

Atlet asal Indonesia tersebut menjadi atlet panjat tebing tercepat setelah mengukir rekor dunia untuk nomor speed putra dalam salah satu seri Piala Dunia Panjat Tebing 2022 di Seoul, Jumat (6/5/2022).

Rekor baru tersebut dipecahkannya dalam babak kualifikasi, ketika Katibin finish dengan catatan waktu 5,17 detik, terpaut 0,03 detik dari rekor sebelumnya yang dibukukan rekan senegaranya Veddriq Leonardo pada Piala Dunia Panjat Tebing 2021 di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, demikian catatan resmi International Federation of Sport Climbing (IFSC).

Ia kembali memecahkan rekor panjat tebing dengan torehan waktu 5 detik. tercepat di dunia, pada 8 Juli 2022.

Hingga kini, Kiromal telah mencatatkan rekor dunia sebanyak 1 kali pada 2021 dan 5 kali di tahun 2022.

Profil

Kiromal Katibin lahir di Batang, Jawa Tengah, 21 Agustus 2000. Ia merupakan atlet speed climbing Indonesia.

Ketertarikannya di dunia panjat tebing muncul saat ia berumur 7 tahun. Kala itu, ia melihat olahraga panjat tebing di alun-alun Kota Batang saat ada kegiataan Pra-Pekan Olahraga Provinsi (Pra Porprov).

Dua tahun kemudian, ia mencoba menekuni dunia panjat tebing bersama kakaknya. Hingga akhirnya di tahun 2011, ia berhasil ikut kejuaraan panjat tebing di Jakarta.

Perjalanan karier

Kiromal pun mendapat medali emas nomor Speed di Kejurnas Bangka 2016 dan emas nomor Speed di Kejurnas Padang 2017.

Selang setahun, Kiromal ikut babak kualifikasi IFSC World Cup Salt Lake City. Di sana ia berhasil mencetak rekor speed climbing tercepat di dunia dengan catatan 5,25 detik.

Pada 6 Mei 2022, di babak kualifikasi IFSC World Cup Seoul, Kiromal kembali mencetak rekor dunia dengan catatan 5,17 detik.

Kurang dari 1 bulan sejak rekor di Seoul, pada 27 Mei 2022 waktu setempat, Kiromal mempertajam rekor miliknya sendiri di Salt Lake City. Rekor ketiganya tercatat dalam waktu 5,10 detik.

Pada 30 Juni 2022, Kiromal kembali memecahkan rekor untuk keempat kalinya di babak kualifikasi IFSC World Cup Villars dengan angka 5,097 detik. Lalu, di hari yang sama, ia kembali mempertajam rekor dunia untuk kelima kalinya dengan angka 5,04 detik.

Pada 8 Juli 2022, untuk keenam kalinya dalam 13 bulan terakhir, Kiromal mencetak sejarah di dunia panjat tebing dengan catatan waktu 5,00 detik di babak kualifikasi IFSC World Cup Chamonix, Prancis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper