Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Timnas Basket Indonesia Ganti Pelatih Rajko Toroman dengan Milos Pejic

Timnas basket Indonesia mengganti pelatih Rajko Toroman dengan Milos Pejic jelang Piala Asia FIBA 2022.
Rajko Toroman, pelatih timnas basket Indonesia/Antara
Rajko Toroman, pelatih timnas basket Indonesia/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas basket Indonesia mengganti pelatih Rajko Toroman dengan Milos Pejic jelang Piala Asia FIBA 2022.

Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) mengumumkan pengunduran diri Rajko Toroman dari timnas basket Indonesia, Senin (11/7/2022).

Tak perlu waktu lama, timnas basket Indonesia langsung menunjuk Milos Pejic untuk tim menggantikan posisi Rajko Toroman.

Keputusan pergantian pelatih timnas basket Indonesia terbilang mendadak karena diumumkan sehari sebelum penyelenggaraan Piala Asia FIBA 2022 yang akan dimulai pada Selasa (12/7/2022). Sejatinya kontrak Toroman sejatinya baru akan berakhir setelah Piala Asia FIBA 2022 selesai.

Manajer timnas basket Indonesia Jeremy Santoso mengatakan bahwa pembahasan pergantian pelatih didiskusikan dalam beberapa hari ke belakang dan telah melalui pembicaraan bersama dengan Toroman dan pertimbangan serta evaluasi terlebih setelah pelaksanaan Sea Games 2021 Vietnam, Mei lalu.

"Ini adalah hasil evaluasi jangka panjang dan keputusan bersama, termasuk Coach Toro (Toroman) yang ikut memutuskan. Kami duduk bersama semua pihak dan evaluasi BTN (Badan Tim Nasional). Setelah hasil evaluasi, kami merasa oke saat Sea Games itu sangat prima dengan kepemimpinan Milos. Coach Toro mundur dan itu sudah kesepakatan bersama," kata Jeremy Santoso.

Pejic bukan sosok yang asing bagi timnas bola basket putra Indonesia. Mantan pelatih Satria Muda Jakarta itu sebelumnya pernah menangani timnas elite junior, Indonesia Patriots di Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2022.

Pelatih asal Serbia itu juga sempat menjabat sebagai pelatih timnas basket Indonesia saat meraih medali emas Sea Games 2021. Kala itu Pejic duet bersama Toroman yang menjabat Direktur Teknik.

"Keputusan ini mungkin terlihat tiba-tiba. Dari PP Perbasi dan BTN sudah berbicara ini sejak lama, mungkin sejak setelah SEA Games. Kami melihat di mana ada kesamaan sistem cara melatih di antara Coach Milos dan Toroman. Coach Milos ini muridnya Coach Toro. Keputusan ini tidak akan mengubah sistem kami. Ini akan jadi tantangan sekaligus angin segar untuk tim kami," ujar Jeremy.

Indonesia akan mengawali fase penyisihan Grup A Piala Asia FIBA 2022 melawan Arab Saudi pada 12 Juli, sebelum bertemu lagi dengan Yordania pada 14 Juli. Indonesia selanjutnya akan menghadapi sang juara bertahan Australia pada 16 Juli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper