Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sea Games 2021: Senam dan Sepeda Tambah Medali Emas Indonesia

Perolehan medali emas Indonesia bertambah melalui cabang olahraga senam dan sepeda di Sea Games 2021.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Mei 2022  |  20:54 WIB
Atlet senam Indonesia, Rifda Irfanaluthfi, saat tampil di Sea Games 2021  -  Antara
Atlet senam Indonesia, Rifda Irfanaluthfi, saat tampil di Sea Games 2021 - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Perolehan medali emas Indonesia bertambah melalui cabang olahraga senam dan sepeda di Sea Games 2021.

Atlet senam Indonesia, Rifda Irfanaluthfi, menyabet medali emas kedua dari cabang olahraga senam Sea Games 2021 Vietnam.

Pada partai final yang digelar di Quan Ngua Gymnasium, Hanoi, Senin (16/5/2022), Rifda Irfanaluthfi menjadi yang terbaik dalam senam artistik nomor Women's Floor Exercise Sea Games 2021.

Rifda mengoleksi 12.700 poin, sejajar dengan pesenam Thailand, Sasiwimon Muchangpu, yang juga meraih medali emas. Medali perunggu diraih oleh pesenam tuan rumah Vietnam, Pham Nhu Phong, setelah mengoleksi 12.033 poin.

Rifda juga turun dalam nomor Women's Balance Beam, namun ia gagal meraih medali. Demikian juga pesenam Dwi Samsul Arifin yang juga kandas pada nomor Men's Vault Table pada hari yang sama.

Hingga saat ini Rifda telah menyumbangkan tiga medali bagi tim senam artistik Indonesia Sea Games 2021 di Vietnam.

Sebelumnya, atlet 22 tahun itu meraih medali emas dari nomor senam Artistic All Around, Sabtu (14/5/2022). Ia mengumpulkan 49.650 poin diikuti pesenam asal Filipina Aleah Finnegan Cruz yang mengumpulkan 49.250 poin. Medali perunggu diraih atlet Malaysia Rachel Li Weh Yeoh yang mengumpulkan 48.550 poin.

Selanjutnya, atlet asal DKI Jakarta ini beraksi pada nomor senam lantai. Ia pun tampil baik tanpa membuat kesalahan berarti, termasuk saat melakukan gerakan salto ke udara untuk menutup gerakan.

Kemudian ia mengakhiri nomor all around itu dengan memainkan alat kuda-kuda lompat. Rifda pun sukses menyelesaikan gerakannya setelah dua tangannya sukses mencengkram tumpuan untuk membuat gerakan salto yang indah.

Selain dua emas itu, Rifda Irfanaluthfi juga menyumbangkan medali perunggu SEA Games 2021 dari nomor Women's Vault Table.

Atlet Sepeda Sumbang Satu Emas dan Satu Perak

Atlet sepeda Indonesia, Zainal Fanani dan Ihza Muhammad, berhasil membawa pulang masing-masing medali emas dan perak pada Sea Games 2021 di nomor MTB-Cross Country Olympic (XCO) putra.

Fanani menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 jam 16,41 menit. Sedangkan Ihza menduduki urutan kedua usai menghabiskan empat lap trek sejauh 5,2 Km (total 20,8 Km) di Hoa Binh Gymnastics and Sports Center, Senin (16/5/2022).

Ihza mencatatkan waktu tercepat 1 jam 19,14 menit atau terpaut 2 menit 33 detik dari Fanani.

Sedangkan medali perunggu diraih wakil Filipina Jericho Rivera dengan waktu tempuh 1 jam 20,04 menit.

Pencapaian ini menjadi sejarah bagi XCO putra Indonesia karena mampu mendominasi dua podium teratas sepanjang Sea Games 2021.

Sementara itu pada nomor XCO putri, Sayu Bella Sukma Dewi belum mampu menyumbang medali SEA Games 2021. Ia menyelesaikan lomba di peringkat kelima dengan catatan waktu 1 jam 25,46 menit.

Emas diraih wakil tuan rumah Thi Nhu Quynh Din dengan 1 jam 18,06 menit. Sementara perak dan perunggu diraih atlet asal Malaysia yakni Nur Assira Zainal Abidin (1:22:14 jam) dan Natahsya Soon (1:23:00 am).

Tambahan satu emas dan perak hari ini, membuat tim balap sepeda Indonesia secara keseluruhan sudah meraih 2 emas dan 2 perak.

Sebelumnya, emas juga diraih Tiara Andini Prastika yang turun pada nomor downhill putri. Sedangkan perak dari Andy Prayoga dari downhill putra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emas balap sepeda MEDALI senam Sea Games 2021
Editor : Taufan Bara Mukti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top