Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak! Sejarah Hingga Daftar Juara Piala Thomas dan Piala Uber

Final Piala Thomas 2022 akan mempertemukan Indonesia dan India pada Minggu, 15 Mei 2022 pukul 13.00 WIB.
Piala Thomas-Piala Uber/Antara
Piala Thomas-Piala Uber/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Final Piala Thomas 2022 akan mempertemukan India dan Indonesia pada Minggu, 15 Mei 2022 pukul 13.00 WIB. Jika berhasil menang, maka Indonesia berpeluang menambah koleksi gelar juara Piala Thomas ke-15.

Untuk diketahui, Indonesia berhasil melenggang ke babak final Piala Thomas usai sukses mengalahkan Jepang di babak semifinal dengan skor 3-2.

Namun, India juga berhasil mencetak sejarah di kejuaraan badminton beregu ini setelah menumbangkan Denmark di semifinal badminton Piala Thomas 2022 di Impact Arena Bangkok Thailand, Jumat (13/5).

Di sisi lain, untuk Piala Uber 2022 Indonesia masih belum berhasil melepas dahaga juara sejak terakhir kali menjuarai Piala Uber pada 1996 lantaran disingkirkan oleh China di babak perempat final dengan skor 3-0.

Sejarah Piala Thomas dan Piala Uber

Sekadar informasi, piala Thomas merupakan turnamen bulutangkis tingkat dunia beregu putra yang pertama kali digelar pada 1949 di Preston, Inggris.

 

Nama Thomas diambil dari pebulu tangkis legendaris Inggris, Sir George Alan Thomas. Mulanya ajang ini berlangsung setiap tiga tahun sekali, tetapi sejak 1982, Piala Thomas diadakan setiap dua tahun sekali.

Sementara Piala Uber pertama kali diselenggarakan pada 1957. Adapun, nama Uber dalam Piala Uber juga diambil dari pebulu tangkis legendaris asal Inggris, Betty Uber.

Malaysia merupakan negara pertama yang menjuarai Piala Thomas. Namun secara total gelar, Indonesia menjadi negara tersukses dalam ajang Piala Thomas dengan koleksi 14 juara.

Hingga saat ini, Negara yang pernah menjuarai Piala Thomas, adalah China, Denmark, Indonesia, Jepang, dan Malaysia.

Namun, di sektor putri untuk Piala Uber sejauh ini Indonesia sukses membawa trofi juara hanya sebanyak tiga kali. Terakhir adalah 26 tahun lalu pada 1996 saat tim Uber Tanah Air masih diperkuat legenda bulutangkis Susi Susanti.

Amerika Serikat merupakan negara pertama yang menjuarai Piala Uber. Namun secara total gelar China menjadi negara tersukses sepanjang penyelenggaraan Piala Uber dengan koleksi 15 gelar juara.

 

Hingga saat ini, Negara yang pernah menjuarai Piala Uber, adalah Amerika Serikat, Jepang, Indonesia, China, dan Korea Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler