Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Heboh Kabar Suzuki Bakal Cabut dari MotoGP, Begini Reaksi Dorna

- Promotor MotoGP Dorna Sports telah menghubungi Suzuki menyusul kabar bahwa pabrikan Jepang itu akan keluar dari kelas utama pada akhir musim ini.
Pebalap Suzuki, Alex Rins/Antara
Pebalap Suzuki, Alex Rins/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Promotor MotoGP Dorna Sports telah menghubungi Suzuki menyusul kabar bahwa pabrikan Jepang itu akan keluar dari kelas utama pada akhir musim ini. Dorna mengingatkan bahwa kontrak kedua pihak tidak memperbolehkan mereka untuk mengambil keputusan sepihak.

Laporan Media menyatakan Suzuki akan keluar dari MotoGP pada akhir musim 2022. Suzuki tidak merespon permintaan Reuters untuk memberi komentar atau konfirmasi.

Suzuki Motor Corporation tahun lalu telah memperbarui keterlibatan mereka dalam kejuaraan MotoGP dalam satu kesepakatan hingga akhir musim 2026.

"Menyusul rumor terbaru mengenai Suzuki meninggalkan MotoGP pada akhir musim 2022, Dorna Sports telah secara resmi menghubungi perusahaan tersebut untuk mengingatkan mereka bahwa kondisi dari kontrak mereka untuk balapan dalam MotoGP tidak mengizinkan mereka untuk mengambil keputusan ini secara sepihak," kata Dorna.

"Namun, jika Suzuki pergi setelah mengikuti kesepakatan antara kedua pihak, Dorna akan memutuskan jumlah ideal pebalap dan tim yang berlomba di kelas MotoGP mulai 2023," ujar Dorna menambahkan.

Dorna mengatakan ada ketertarikan dari pabrikan dan tim independen untuk bergabung dengan grid MotoGP. "Minat dari pihak-pihak ini telah dikonfirmasi ulang dalam 24 jam terakhir," kata dia.

Suzuki telah keluar dari MotoGP sebelumnya. Suzuki meninggalkan balap kelas utama itu setelah musim 2011 karena resesi ekonomi Jepang. Namun, mereka kembali sepenuhnya pada 2015.

Pabrikan itu terakhir memuncaki klasemen tim dan pembalap pada 2020. Saat itu, pembalap Spanyol, Joan Mir, memenangi gelar perdananya dalam satu musim yang singkat karena pandemi Covid-19. Rekan setimnya, Alex Rins, berhasil finis di urutan ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper