Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balapan F1 di Sirkuit Albert Park Diprediksi Bakal Seru, ini Penyebabnya

Penyelenggara Grand Prix Australia berharap balapan F1 di Sirkuit Albert Park pada akhir pekan ini lebih seru menyusul sejumlah perubahan lintasan jalanan.
Ilustrasi-Suasana menjelang start di balapan Formula 1/JIBI-Arif Budisusilo
Ilustrasi-Suasana menjelang start di balapan Formula 1/JIBI-Arif Budisusilo

Bisnis.com, JAKARTA - Penyelenggara Grand Prix Australia berharap balapan F1 di Sirkuit Albert Park pada akhir pekan ini lebih seru menyusul sejumlah perubahan lintasan jalanan di Melbourne tersebut.

Albert Park telah menjadi pemberhentian Formula 1 di Australia sejak pemerintah negara bagian setempat mengambil alih kehormatan itu dari Adelaide sekitar 25 tahun silam, dengan menyulap jalan raya dan parkiran umum menjadi arena balapan dalam beberapa pekan sebelum Grand Prix setiap tahunnya.

Sampai tahun ini, sirkuit tersebut tetap menggunakan layout dari balapan pertamanya pada 1996 silam di tengah evolusi mobil-mobil F1 zaman sekarang.

Meski dipandang sebagai salah satu trek yang memuaskan secara visual, Albert Park sering dikeluhkan karena tak menawarkan peluang yang banyak untuk menyalip.

Valtteri Bottas, yang sekarang membalap untuk Alfa Romeo, memenangi balapan terakhir di Melbourne pada 2019 untuk Mercedes setelah memimpin lomba dari tikungan pertama, ciri khas jalannya balapan di Melbourne.

Jurnalis Reuters Ian Ransom melaporkan dari Melbourne bahwa sirkuit yang bergelombang itu telah menjalani aspal ulang dan diperpendek 28 meter, dengan tujuh tikungan yang dimodifikasi dan dua tikungan yang dihilangkan sehingga memiliki total 14 tikungan saja.

Salah satu perubahan besar adalah pelebaran tikungan satu, yang sering menyaksikan insiden kecelakaan ketika mobil-mobil berebut posisi di ujung lintasan setelah melesat dari garis start.

Tikungan itu kini lebih lebar 2,5m, menyediakan racing line yang lebih lebar bagi pebalap.

Tikungan enam, yang dulunya merupakan belokan sempit ke kanan, telah mengalami pelebaran lebih dari 7,5m sehingga diharapkan mampu meningkatkan kecepatan mobil yang melintasinya hingga 70km per jam.

Chicane lama antara tikungan sembilan dan 10 telah dihilangkan, sehingga mengubah bagian itu menjadi lintasan lurus sepanjang 1,3km di mana para pebalap dapat menginjak pedal gas dalam-dalam.

Setelah kecepatan sangat tinggi dari tikungan enam hingga tikungan 10, tikungan 11, yang dilebarkan tiga meter, akan menjadi zona serang utama, dengan camber juga diubah untuk memaksa pengereman yang lebih keras untuk melewati tikungan itu.

Perubahan tersebut memungkinkan empat zona DRS di sirkuit di mana para pebalap dapat membuka sayap belakang mobilnya untuk mengurangi drag dan memperbesar peluang mereka untuk menyalip pebalap di depannya.

Jalur pit juga dilebarkan dua meter untuk memungkinkan batas kecepatan dinaikkan dari 60kpj menjadi 80kpj. Hal tersebut akan mempengaruhi strategi tim karena waktu yang dihabiskan melintasi pit lane akan berkurang.

Setelah pandemi COVID-19 memaksa pembatalan dua Grand Prix Australia, penyelenggara berharap sirkuit Albert Park mampu menyajikan tontonan yang lebih seru dan para pebalap sangat bersemangat kembali untuk menghibur fan di sana.

Pebalap tuan rumah Daniel Ricciardo mengatakan para penggemar akan menonton balapan yang berbeda kali ini.

"Saya tak ingin dipuji,tapi saya sedikit terlibat dalam pembahasan soal pembaruan sirkuit ini beberapa tahun lalu ketika mereka mengusulkan untuk pertama kali soal apa yang perlu dilakukan untuk membuat balapan sedikit lebih baik," kata Ricciardo seperti dikutip Reuters, Rabu.

"Saya rasa tontonan kali ini akan berbeda. Kami tentunya harus pergi ke sana dan melihat bagaimana aksi kami berbicara, tapi di atas kertas saya rasa itu menjanjikan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler