Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menpora Zainudin Amali Dukung Penuh Perhelatan Pesonas 2022

MenporanZainudin Amali menyampaikan, pemerintah akan secara penuh mendukung acara Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) 2022.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 02 April 2022  |  16:02 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memenuhi panggilan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Jumat (22/10/2021) lantaran sanksi Badan Antidoping Dunia (WADA) terhadap Indonesia. JIBI - Bisnis/Akbar Evandio
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memenuhi panggilan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Jumat (22/10/2021) lantaran sanksi Badan Antidoping Dunia (WADA) terhadap Indonesia. JIBI - Bisnis/Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyampaikan, pemerintah akan secara penuh mendukung acara Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) 2022.

Perhelatan tersebut akan diadakan Special Olympic Indonesia (SOIna) pada 3—8 Juli 2022 di Semarang, Jawa Tengah.

"Masyarakat kita yang bertalenta khusus ini harus mendapat perhatian dari pemerintah agar mereka hidup dengan tenang, bahagia dan mandiri," ujarnya dikutip melalui laman Kemenpora, Sabtu (2/3/2022).

Dia menyebut, bahwa pemerintah melalui kemenpora akan memberikan dukungan sesuai aturan yang ada dan kemampuan kementerian.

"Selamat dan sukses untuk Pesonas tahun 2022," kata Menpora Amali usai pertemuan.

Sementara itu, Ketua Umum SOIna Warsito Ellwein menjelaskan bahwa Pesonas diadakan untuk mencetak bintang dari anak difabel intelektual atau anak bertalenta khusus.

Sesuai dengan kondisi mereka, di acara Pesonas nanti anak bertalenta khusus tersebut harus merasa aman, nyaman guyub, rukun dan bahagia.

"Jadi selama Pesonas nanti kita bangun suasana itu sehingga setelah kegiatan Pesonas, dalam kehidupan sehari-hari mereka juga merasa aman dan nyaman," ujarnya.

Senada, Ketua Panitia Pesonas Ony Suharsono menjelaskan Pesonas akan diisi dengan rangkaian kegiatan olahraga dan kegiatan non olahraga seperti kegiatan seni dan budaya.

"Dalam Pesonas ini, kompetisi bukanlah kegiatan yang utama. Yang utama adalah memperkenalkan anak-anak bertalenta khusus yang perlu kita perhatikan dan perlu kita dukung dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya

Dia melanjutkan bahwa persiapan Pesonas telah berlangsung di tingkat provinsi. Para pengurus daerah membentuk kontingen untuk diberangkatkan ke Semarang.

Pengiriman atlet berdasarkan pada kriteria yang telah ditetapkan dan sepenuhnya menjadi kewenangan pengurus daerah.

Pesonas merupakan ajang yang berisi kompetisi 12 cabang olahraga dan kegiatan lain seperti seni, budaya, kongres keluarga dan pemuda SOIna, pemeriksaan kesehatan, serta berbagai bentuk inovasi lain.

Selain bidang olahraga, SOIna menggelar kegiatan yang bertujuan agar anak-anak bertalenta khusus tersebut mendapat kesempatan untuk tumbuh di berbagai bidang hidup. Maka kegiatan kepemimpinan, wirausaha, seni, jaringan keluarga, dan pembentukan Klub Pemuda SOIna.

"Klub Pemuda SOINa ini berisi anak-anak muda yang akan bekerjasama dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Mereka akan mengadakan berbagai kegiatan dengan mengutamakan asas kesetaraan," ujar Warsito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menpora olahraga
Editor : Akbar Evandio

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top