Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Putin Ternyata Suhu Judo, Ini Videonya Saat Latihan

Putin dikenal sebagai seniman tingkat tinggi dalam bela diri judo. Presiden berusia 69 tahun itu pemegang sabuk hitam Dan VIII. Tingkat tertinggi dalam judo itu diraihnya pada 2014.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Februari 2022  |  16:23 WIB
Loading the player ...
Presiden Rusia, Vladimir Putin berlatih judo - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin resmi diskors sebagai Presiden Kehormatan Federasi Judo Internasional (IJF) pada Minggu (27/2/2022).

Sanksi itu karena keputusannya menginvasi Ukraina. IJF mengeluarkan pernyataan resmi mengenai posisi Putin dalam asosiasi bela diri internasional itu.

Kemampuan bela diri Presiden Rusia Vladimir Putin sudah melegenda. Putin dikenal sebagai seniman tingkat tinggi dalam bela diri judo. Presiden berusia 69 tahun itu pemegang sabuk hitam Dan VIII. Tingkat tertinggi dalam judo itu diraihnya pada 2014.

Kemampuannya mengesankan saat beberapa kali diliput beberapa media Pemerintah Rusia. Reputasinya dalam judo telah terkenal, berbagai penghargaan seni bela diri dari berbagai organisasi pun sering diraihnya. Namun, banyak yang meragukan kemampuannya dalam berbagai cabang bela diri itu.

Editor Blog Keamanan Nasional Lawfare Benjamin Wittes, sebagai penggemar seni bela diri menganggap kemampuan Putin palsu. Menurut dia, banyak video Putin yang tidak bisa dibuktikan secara nyata. Ketika ada rekaman gerakan saat Putin melempar atau menjegal lawan, Wittes menilai lawan itu jatuh dengan sangat mudah.

“Setidaknya dalam video yang saya lihat, tidak ada serangan yang dilakukan terhadap Putin,” kata Wittes di Lawfare yang dikutip Mooresville Tribune. Ia tidak melihat bukti lawan-lawan Putin berusaha mencoba untuk mengalahkan dia,

Dalam sebuah unggahan di Facebook “Why Won’t Vladimir Putin Fight Me?”, Wittes menulis bahwa Putin hanya bertarung dengan orang-orang di lingkar dalam kekuasaannya.

Sumber media lain melansir, penulis biografi Putin menulis bahwa ia mulai berlatih judo saat masih remaja di St. Petersburg. Pada sebuah wawancara pada 2001 dengan NPR, Putin mengungkap kecintaannya pada seni bela diri itu.

Dalam beberapa tahun terakhir, Putin menerima penghargaan kehormatan cabang bela diri. Namun, bukan karena pengakuan atas kemampuannya, melainkan untuk pembelaan yang dilakukannya.

Pada 2014, organisasi karate internasional menganugerahi Putin sabuk hitam Dan VIII. Sabuk hitam itu hadiah untuknya yang berhasil mempromosikan aliran karate full body contact di Rusia. Pada tahun sebelumnya, ia diangkat menjadi grandmaster taekwondo oleh Federasi Taekwondo Dunia setelah berkunjung ke Korea Selatan, meskipun ia tidak berlatih Taekwondo.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia vladimir putin Perang Rusia Ukraina

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top