Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hilang selama 3 Pekan, Peng Shuai Lakukan Panggilan Video dengan IOC

IOC mengatakan Thomas Bach melakukan penggilan video selama 30 menit untuk memastikan kabar dan keberadaan petenis unggulan China tersebut.
Petenis China Peng Shuai/Reuters
Petenis China Peng Shuai/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah tak diketahui keberadaannya selama 3 pekan, petenis China Peng Shuai melakukan panggilan video dengan Presiden International Olympic Committee Thomas Bach, Minggu (21/11/2021).

Dilansir CNA, Senin (22/11/2021), IOC mengatakan Thomas Bach melakukan penggilan video selama 30 menit untuk memastikan kabar dan keberadaan petenis unggulan China tersebut.

“Dia [Peng Shuai] mengatakan keadaannya baik dan tinggal di kediamannya di Beijing, tetapi menegaskan ingin menjaga privasinya saat ini,” tulis IOC dalam keterangan resminya.

IOC menyatakan petenis tersebut ingin menghabiskan waktunya bersama teman dan keluarganya saat ini. Tak hanya itu, ia juga menegaskan keinginannya untu tetap bermain tenis ke depan.

Sehari sebelumnya, media pemerintah China merilis foto Peng yang hadir di turnamen olahraga anak-anak di Beijing. Foto ini merupakan yang pertama kalinya sejak media China lainnya mengunggah email Peng yang menyatakan dia dalam keadaan yang sehat dan tidak mengalami tekanan.

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian sempat mendesak otoritas China untuk memberikan bukti lebih detail terkait keberadaan Peng Shuai.

“Saya hanya ingin memastikan bahwa dia bicara,” katanya.

Sejumlah petenis dan mantan petenis mulai dari Naomi Osaka, Serena William, hingga Billie Jean King menyuarakan petisi yang mempertanyakan keberadaan Peng Shuai melalui hashtag #WhereIsPengShuai?

Petenis nomer satu dunia Novak Djokovic bahkan menegaskan tidak mungkin menggelar pesta olahraga di China dengan situasi yang mengerikan saat ini.

Pada 2 November lalu, Peng mengunggah postingan di media sosial China yang menyatakan bahwa dirinya menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh Wakil Perdana Menteri China Zhang Gaoli beberapa tahun yang lalu. Tak lama setelah itu, postingan Peng dihapus dan keberadaannya tidak diketahui sejak saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : CNA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper