Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi Pensiun, Ini 10 Kemenangan Terbaik Valentino Rossi

Valentino Rossi atau VR46 memiliki 10 kemenangan terbaik yang tidak akan pernah dilupakan oleh penggemar balap motor.
Annasa Rizki
Annasa Rizki - Bisnis.com 15 November 2021  |  18:36 WIB
Pebalap Yamaha MotoGP Valentino Rossi menghadiri peluncuran motor terbaru Yamaha Lexi di Jakarta, Jumat (26/1). - ANTARA/Muhammad Adimaja
Pebalap Yamaha MotoGP Valentino Rossi menghadiri peluncuran motor terbaru Yamaha Lexi di Jakarta, Jumat (26/1). - ANTARA/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA –  Valentino Rossi resmi pensiun setelah menjalani balapan terakhirnya di GP Valencia, Minggu (14/11/2021). Berhasil 9 kali merebut juara dunia, penunggang motor bernomor 46 ini mendapat hadiah sebagai MotoGP Legend.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta menghadiahkan Legend untuk Rossi sekaligus merayakan 26 musim, sembilan kejuaraan dunia, 115 kemenangan, dan 235 podium di semua kelas.

Pecinta MotoGP, berikut ini 10 kemenangan terbaik VR46 untuk mengisi throwback Anda, melansir dari motogp.com, Senin (15/11/2021).

  1. United States GP, MotoGP (2008)

Sebuah kejutan mutlak di Laguna Seca melihat pembalap Italia itu terlibat dalam pertempuran sengit dengan Casey Stoner (Australia) dari Ducati.

Pembalap Australia itu adalah juara bertahan dan telah memenangkan tiga balapan sebelumnya menjelang GP Amerika Serikat, sementara Rossi mencari kemenangan pertama di Corkscrew untuk mengambil kendali Kejuaraan. Sebuah kesalahan dari Stoner membuatnya berakhir di gravel dengan delapan lap tersisa. Hal tersebut memberi jalan bagi Doctor meraih kemenangan.

  1. Catalan GP, MotoGP (2009)

Catalunya 2009 adalah babak lain kejuaraan dunia di mana Rossi beradu antara rekan setim Yamaha,  Jorge Lorenzo. Balapan memanas saat adu penalti putaran, di mana nomor 46 berhasil mengejutkan semua orang, dan Jorge Lorenzo karena menyalip di tikungan terakhir.

  1. Australian GP, MotoGP (2003)

Setelah terkena penalti 10 detik karena melewati bendera kuning, Rossi berusaha melepaskan diri dari cengkeraman Loris Capirossi. Capirossi terus menahan Rossi agar keluar dari Juara bertahan. Pada akhirnya, itu terbukti sia-sia karena Doctor mengejar lawan dengan selisih 15,2 detik pada saat ia mengambil garis finish di Phillip Island.

valentino rossi pensiun

  1. South African GP, MotoGP (2004)

Rossi memecahkan 10 kemenangan beruntun di Honda Welkom. Pembalap Italia itu memulai dari posisi terdepan saat ia menjadi pembalap pertama yang memenangkan balapan berturut-turut dengan pabrikan yang berbeda dan yang pertama memenangkan pembuka musim empat musim berturut-turut.

  1. British GP, MotoGP (2000), 500 cc

Rossi mulai naik kelas melalui GP Inggris. Bersama Honda, Pembalap Italia itu berhasil naik ke podium tiga kali dengan kategori 500 cc sebelum akhirnya mencapai podium pada putaran kesembilan Championship. 

  1. German GP, MotoGP (2006)

Pembalap nomor 46 mengklaim kemenangan saat ia melewati tikungan kesebelas Sachsenring. Nicky Hayden, Marco Melandri, dan Dani Pedrosa semuanya menyerah pada Rossi sebelum dia melakukan perlawanan.

valentino rossi vr46

Valentino Rossi resmi pensiun./Twitter @valeyellow46

  1. British GP, MotoGP (2005)

Jika Anda rindu dengan balapan dengan suasana basah. GP Inggris pada 2005 bisa Anda ingat kembali. Pembalap Italia itu keluar di atas pertempuran empat orang yang epik untuk memimpin, berhasil menjaga Yamaha-nya tetap tegak saat bergerak melalui genangan air yang terbentuk di trek.

  1. Dutch GP, MotoGP (2007)

Pada lap terakhir, Rossi meningkatkan jaraknya dengan Stoner menjadi +1,5 detik. Melihat tidak ada overtake yang terjadi, Rossi dengan gembira melenggang maju ke bendera untuk memenangkan balapan.

  1. Czech GP, MotoGP (1996), 125cc

25 tahun lalu, GP Ceko menjadi penentu kemenangan pertama Rossi di Grand Prix. Rossi berumur 17 tahun saat memenangkan GP Ceko.

  1. Dutch GP, MotoGP (2013)

Setelah dua tahun tanpa hasil bersama Ducati dan membuat Rossi frustrasi, Rossi kembali ke Yamaha pada 2013. Dia segera mengubah peruntungannya. Nomor 46 start di urutan keempat tetapi berhasil memburu duo Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez untuk merebut bendera kotak-kotak pertama di Assen. Event ini menjadi kemenangan pertama sejak ia kembali bersama Yamaha.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pensiun valentino rossi balap motor
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top