Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gairahkan Semangat Berolahraga, Kementerian PUPR Bangun Lapangan Gateball

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun lapangan gateball di kantor pusatnya untuk menggairahkan kembali semangat berolahraga di tengah pandemi Covid-19.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 23 Oktober 2021  |  14:29 WIB
Lapangan gateball di Kementerian PUPR. - Istimewa
Lapangan gateball di Kementerian PUPR. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun lapangan gateball di kantor pusatnya untuk menggairahkan kembali semangat berolahraga di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Harian Persatuan gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Khalawi Abdul Hamid mengatakan bahwa pembangunan lapangan sintetis untuk latihan dan pertandingan di Kementerian PUPR, menambah jumlah lapangan gateball menjadi dua.

“Semoga membangkitkan kembali semangat bermain gateball yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19. Terima kasih kepada seluruh pihak yang menginisiasi kembali turnamen gateball, mudah-mudahan dengan berolahraga di tengah pandemi bisa menaikkan imun kita,” katanya saat meresmikan lapangan baru arena gateball, sekaligus membuka Turnamen Gateball Sriyanto Cup 2021, Sabtu (23/10/2021).

Olahraga gateball dikenal sebagai perpaduan beberapa cabang olahraga yang membutuhkan strategi dan tingkat konsentrasi tinggi, seperti golf dan catur. Hal itu menjadikan gateball sebagai olahraga yang tepat untuk melatih menyelesaikan pekerjaan yang lebih cepat, lebih tepat, dan lebih baik, sehingga menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi.

“Di wilayah rumah saya, saya ajak warga sekitar, dan ternyata banyak peminatnya. Ternyata bisa juara ikut turnamen. Saya ingin teman-teman di Kementerian PUPR juga bisa mengikuti turnamen dan menjadi juara nasional, bahkan internasional harapannya,” kata Khalawi.

Ketua Komunitas gateball Kementerian PUPR Sriyanto menuturkan, turnamen kali ini diikuti oleh 24 tim, di mana 23 tim berasal dari daerah Jabodetabek dan 1 tim lainnya dari Cirebon.

“Kami berharap turnamen gateball bisa diadakan setiap tahun yang juga untuk ajang silaturahmi. Cita-cita kami ingin membentuk tim gateball Kementerian PUPR,” ucapnya.

Seperti diketahui, gateball menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam event internasional olahraga rekreasi yang diselenggarakan oleh The Association For International Sport for All (TAFISA).

TAFISA GAME diadakan setiap 4 tahun sekali, dengan mempertandingkan sejumlah olahraga rekreasi, seperti Egrang, Barongsai, dan gateball.

Cabang olahraga gateball merupakan modifikasi permainan croquet, yang menggunakan palu untuk memukul bola. Olahraga ini tidak mengenal batas tertentu, sehingga tergolong sebagai barrier-free sport (olahraga tanpa batas).

Olahraga itu pertama kali dikenalkan di Jepang, kemudian menyebar ke seluruh dunia. Seiring dengan perkembangan waktu, permainan gateball menyebar ke berbagai negara lain.

Di Indonesia, olahraga tersebut sudah banyak peminatnya mulai dari kota-kota besar hingga ke daerah, seperti Jakarta, Yogyakarta, Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gateball Kementerian PUPR
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top