Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah Quan Hongchan, Atlet Termuda China Raih Emas Demi Kesembuhan Ibunda

Quan mulai belajar menyelam ketika dia berusia tujuh tahun, menghadiri Sekolah Olahraga Zhanjiang di mana setiap hari dia berlatih tiga hingga empat jam, dan berlatih 400 kali menyelam.
Quan Hongchan
Quan Hongchan

Bisnis.com, JAKARTA - Atlet loncat indah asal China Quan Hongchan berhasil meraih emas dengan 466, 20 poin dan medali perak diraih rekannya Chen Yuxi dengan 425,40 poin, dan medali perunggu diraih atlet Australia Melissa Wu dengan 371,40 poin.

Ada banyak cerita menarik di balik kesuksesannya meraih medali emas untuk negaranya itu. Sebagai salah satu atlet termuda dari China, Quan Hongchan nyaris tidak bisa ikut olimpiade, jika kompetisi olahraga itu tidak ditunda selama satu tahun.

Tetapi setelah berusia 14 tahun hanya empat bulan yang lalu, Quan memenuhi persyaratan usia minimum musim panas ini, dan pada hari Kamis menjadi sensasi menyelam terbaru China ketika dia memenangkan emas cabang 10m dalam beberapa gaya di Tokyo Aquatics Centre.

Dia berhasil memenangkan kompetisi, dengan melakukan tiga kali penyelaman sempurna dan mencapai skor keseluruhan yang memecahkan rekor 466,20, lebih dari 40 poin di depan rekan setimnya yang berusia 15 tahun Chen Yuxi, yang memenangkan perak.

Lahir pada 28 Maret 2007 di distrik Mazhang, Zhenjiang, Guangdong, Quan menjadi peraih medali emas Olimpiade China termuda kedua dalam bidang loncat indah, di belakang Fu Mingxia, yang memenangkan emas platform 10m di Barcelona 1992, dalam usia 13 tahun.

Debut internasional

Kurang dari setahun setelah bergabung dengan tim nasional China, Quan melakukan debut internasionalnya pekan ini. Tapi dia sudah langsung menjadi terkenal di seluruh China dengan mengalahkan juara Rio 2016 Ren Qian, juara dunia Zhang Jiaqi dan Chen dalam uji coba Olimpiade saat dia meninju tiketnya ke Tokyo.

Ketika dia berbicara kepada pers setelah kemenangannya, dia mengatakan cukup merasa tenang melewati kompetisi itu.

“Sepertinya tidak ada perbedaan antara Olimpiade dan kompetisi nasional. Pelatih saya menyuruh saya untuk santai dan jangan gugup sebelum Olimpiade,” katanya, dilansir dari SCMP.

Quan mulai belajar menyelam ketika dia berusia tujuh tahun, menghadiri Sekolah Olahraga Zhanjiang di mana setiap hari dia berlatih tiga hingga empat jam, dan berlatih 400 kali menyelam.

Dia mengaku alasannya terjun ke dunia olahraga hanya karena dia tidak suka belajar di kelas. Dan berpikir dia bisa menghindarinya dengan belajar menyelam.

“Saya merasa seperti ditipu saat memulai menyelam. Itu terutama karena saya tidak suka pergi ke sekolah, dan nilai saya buruk, tetapi rasanya menyenangkan untuk menyelam, ”kata Quan.

Penampilannya yang apik pada hari Kamis, di mana dia nyaris tidak menimbulkan riak di permukaan air selama lima kali penyelamannya, membuat penonton kagum.

Gadis yang rendah hati juga memiliki selera humor itu, ketika ditanya tentang rahasianya untuk rip entry yang begitu ramping, dia menjawab dengan senyum nakal: "Saya tidak tahu, saya belum membandingkan diri saya dengan pangsit!"

He Weiyi, pelatih Quan di tim selam Guangdong, menggambarkan kemenangannya sebagai “keajaiban”.

“Tidak mudah baginya untuk memenuhi mimpinya dan mendapatkan hasil yang luar biasa hanya dalam tiga tahun.” ujar Weiyi.

Sambil menutupi wajahnya dengan medali emas, Quan berterima kasih kepada orang tuanya, mengatakan bahwa mereka juga menyuruhnya untuk tidak gugup. “Mereka bilang tidak masalah saya mendapat medali atau tidak. Jadilah diriku sendiri. Kata-kata itu sangat membantu saya,” katanya.

Keluarga sederhana

Quan berasal dari keluarga pedesaan yang sederhana. Kedua orang tuanya adalah petani, tetapi ibunya mengalami kecelakaan lalu lintas beberapa tahun yang lalu, dan telah dirawat di rumah sakit beberapa kali.

Kehidupan ekonomi rumah tangga mereka sangat bergantung pada ayahnya, dan dia ingin membantu biaya pengobatan ibunya.

Wartawan berulang kali mengajukan pertanyaan tentang ibunya pada konferensi pers, tetapi Quan mengabaikannya, dengan mengatakan, "Saya tidak ingin menjawab".

“Ibuku sedang sakit. Saya tidak tahu penyakit apa yang dia derita. Saya hanya ingin mencari uang untuk berobat, karena keluarga saya membutuhkan banyak uang untuk menyembuhkan penyakitnya,” katanya.

Dia juga mengatakan kepada wartawan bahwa dia ingin makan stik pedas Latiao. Ini adalah makanan ringan lokal yang umum di China yang terbuat dari tepung terigu dan cabai untuk merayakan pencapaiannya.

Ibunya sebelumnya mengatakan bahwa keinginan terbesar Quan adalah membuka toko tuck "agar dia bisa makan banyak makanan ringan".

Quan juga mengatakan seperti banyak anak muda lainnya di Tiongkok, dia juga suka bermain game online populer di negara itu, Honor of Kings, di waktu senggangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper