Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekan Depan Peselancar Indonesia, Rio Waida Tampil di Corona Open Mexico

Corona Open Mexico merupakan bagian dari turnamen World Champion Tour yang digelar oleh World Surfing League (WSL).
Peselancar Indonesia, Rio Waida/Antara
Peselancar Indonesia, Rio Waida/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Satu lagi, atlet selancar ombak Indonesia Rio Waida akan tampil di ajang internasional. Rio akan tampil di laga Corona Open Mexico yang berlangsung pekan depan di Barra de la Cruz, Oaxaca, Mexico.

“Terima kasih untuk kesempatan lainnya! Saya akan berkompetisi di Corona Open Mexico, dimulai pada 10 Agustus,” kata Rio melalui akun Instagram miliknya pada Kamis (5/8/2021).

Di sisi lain, pelatih tim nasional selancar Tipi Jabrik mengatakan bahwa Rio telah mendapatkan wildcard untuk tampil di ajang Corona Open Mexico.

“Rio masuk sebagai pemegang wildcard, baru dapat beritanya hari ini,” kata Tipi dilansir dari Antara, Kamis (6/8/2021).

Corona Open Mexico merupakan bagian dari turnamen World Champion Tour yang digelar oleh World Surfing League (WSL). Lebih lanjut, turnamen ini hanya dapat diikuti oleh 34 besar atlet selancar ombak dunia.

Meski Rio lolos sebagai pemegang wildcard, menurut Tipi, Rio selanjutnya akan mengikuti serangkaian pertandingan dari turnamen Challanger Series yang diadakan oleh WSL, setelah Corona Open Mexico yang akan berlangsung pada 10-19 Agustus 2021.

Jika Rio berprestasi di turnamen Challanger Series dan masuk 10 besar pada akhir turnamen, maka Rio berkesempatan lolos ke World Champion Tour dan menjadi 34 besar atlet selancar ombak dunia.

“Tapi untuk yang bisa mengikuti Challanger Series, yang akan Rio ikuti di Huntington Beach, Prancis, dan Portugal, itu hanya top 2 di Asia atau top 2 di Indonesia, dan keduanya yang akan mewakili adalah Oney Anwar dan Rio Waida,” jelasnya.

Atlet-atlet selancar ombak minimal harus mengikuti beberapa pertandingan yang tersebar di Asia untuk kualifikasi.

Menurut Tipi, supaya tidak lagi menjadi seorang pemegang wildcard pada turnamen dunia, maka diperlukan investasi dua hingga lima tahun ke depan.

"Rio dapat wildcard karena tidak ada skor untuk masuk ke ranking. Jadi, cita-citanya Rio adalah untuk menjadi seorang atlet yang tidak memegang wildcard, tetapi yang lolos kualifikasi secara ranking,” ucapnya.

Sebelumnya, Rio berhasil lolos kualifikasi untuk mewakili Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Namun, langkahnya harus terhenti di putaran ketiga saat berhadapan dengan peselancar Jepang peraih medali perak, Kanoa Igarashi, yang juga merupakan atlet selancar ombak peringkat keenam dunia. Meski demikian, Rio berhasil masuk 16 besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper