Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petenis Jepang Naomi Osaka Diizinkan Tak Jawab Pertanyaan Wartawan

Naomi Osaka, petenis Jepang yang mengalami tekanan mental jika menjawab pertanyaan media, diizinkan untuk melewati sesi jumpa pers di Olimpiade Tokyo. Asosiasi Tenis Jepang mengatakan para pemain tenis Olimpiade negara itu akan mematuhi peraturan Federasi Tenis Internasional yang mengharuskan mereka melewati zona yang dapat diakses media, tetapi tidak mengharuskan menjawab pertanyaan.
Petenis Jepang berdarah Haiti, Naomi Osaka/Reuters
Petenis Jepang berdarah Haiti, Naomi Osaka/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Komite Olimpiade Internasional (IOC) memutuskan tidak mewajibkan petenis Jepang Naomi Osaka, yang didenda karena menolak menghadiri jumpa pers di Prancis Terbuka tahun ini, atau atlet lainnya, untuk berbicara kepada media di Olimpiade Tokyo.

"IOC tidak pernah mewajibkan atlet untuk mengadakan konferensi pers," kata tim hubungan media IOC dikutip dari Kyodo pada Sabtu (19/6/2021).

Peraih medali Olimpiade biasanya diminta untuk berpartisipasi dalam jumpa pers setelah pertandingan, tetapi Komite Olimpiade Jepang, yang berwenang menetapkan kebijakan media untuk atlet Jepang, mengatakan, "tidak ada hukuman khusus untuk tidak berpartisipasi."

Asosiasi Tenis Jepang mengatakan para pemain tenis Olimpiade negara itu akan mematuhi peraturan Federasi Tenis Internasional yang mengharuskan mereka melewati zona yang dapat diakses media, tetapi tidak mengharuskan mereka menjawab pertanyaan.

Agensi Osaka pada Kamis (17/6/2021) mengumumkan bahwa petenis 23 tahun peringkat kedua dunia itu mengundurkan diri dari Wimbledon, tetapi akan mewakili Jepang di Olimpiade Tokyo.

Sebelum Prfancis Terbuka, pemegang empat gelar juara Grand Slam itu mengatakan akan melewatkan konferensi pers setelah pertandingan.

Turnamen Grand Slam mewajibkan pemain yang mampu secara fisik untuk menghadiri jumpa pers, dan terancam terkena denda hingga US$20.000 jika tidak melakukannya.

Pelanggaran berulang dapat mengakibatkan kemungkinan dikeluarkan dari turnamen atau skorsing dari acara Grand Slam lainnya.

Osaka menyatakan dia secara mental mengalami kesulitan menjawab pertanyaan wartawan. Dia mengaku telah berjuang melawan depresi, tetapi mengundurkan diri dari turnamen tersebut. Dia belum bertanding lagi sejak saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Kyodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper