Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Atlet Olimpiade Tokyo Diminta Tanggung Sendiri Risiko Covid-19

Para atlet yang akan bertarung di Olimpiade Tokyo pada musim panas ini diminta membuat pernyataan bahwa mereka menanggung sendiri dampak dari pandemi Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Mei 2021  |  20:59 WIB
Logo Olimpiade di distrik Nihonbashi di Tokyo, Jepang./Reuters - Issei Kato
Logo Olimpiade di distrik Nihonbashi di Tokyo, Jepang./Reuters - Issei Kato

Bisnis.com, JAKARTA – Para atlet peserta Olimpiade Tokyo diminta memberi persetujuan tertulis bahwa mereka menghadapi risiko kesehatan atau kematian yang disebabkan infeksi virus corona dan keadaan cuaca panas Jepang.

Hal itu tertulis dalam dokumen yang memerinci kondisi saat atlet akan berpartisipasi dalam ajang olahraga global tersebut, dikutip dari Kyodo pada Sabtu (29/5/2021).

Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah memasukkan sejumlah risiko yang harus ditandatangani oleh para atlet, menetapkan bahwa mereka mengambil bagian dalam pertandingan atas tanggung jawab mereka sendiri, menurut salinan dokumen tersebut.

Rencana itu bisa disebut luar biasa mengingat IOC tidak pernah secara khusus menyebutkan risiko pertandingan untuk Olimpiade musim panas dan musim dingin, yang diadakan setidaknya sejak 2008, meskipun beberapa di antaranya terjadi di tengah kekhawatiran terhadap penyakit menular.

Olimpiade terakhir di Rio de Janeiro pada 2016 digelar di tengah kekhawatiran virus zika yang ditularkan nyamuk yang menyebabkan beberapa pegolf mengundurkan diri dari pertandingan tersebut. Pada 2010 Olimpiade Musim Dingin Vancouver berlangsung di tengah kekhawatiran atas wabah global flu babi.

Dalam konferensi pers secara online yang dihadiri oleh para pejabat dan atlet Olimpiade pada Kamis (27/5), Kepala Pperasional IOC Lanan Haddad mengatakan formulir masuk untuk Olimpiade Tokyo telah "diperbarui untuk memasukkan pertimbangan terkait Covid-19," ketika membahas kekhawatiran yang diangkat oleh seorang anggota dari komite atlet AS.

"Anda pasti telah mengikuti berita dari seluruh dunia tentang Covid-19, tidak ada pemerintah, tidak ada otoritas kesehatan yang dapat atau telah memberikan jaminan terhadap infeksi virus tersebut. Ini risiko yang kita tanggung bersama," kata Haddad.

Virus Covid-19 tak kunjung surut di Jepang dan hal itu memicu kekhawatiran banyak pihak akan makin parah jika Olimpiade tetap diselenggarakan pada musim panas tahun ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Olimpiade 2020 Covid-19

Sumber : Antara/Kyodo

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top