Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantap, Dayung Amankan Satu Tiket ke Olimpiade Tokyo

Cabang olahraga dayung meraih satu tiket ke Olimpiade Tokyo 2020 jenis rowing ganda putri lewat Melani Putri dan Mutiara Rahma Putri.
Melani Putri dan Mutiara Rahma Putri/Istimewa
Melani Putri dan Mutiara Rahma Putri/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Cabang olahraga dayung meraih satu tiket ke Olimpiade Tokyo 2020 jenis rowing ganda putri lewat Melani Putri dan Mutiara Rahma Putri. Pasangan ini lolos setelah menempati peringkat empat kualifikasi Olimpiade di Tokyo pada 7 Mei lalu.

Mutiara Rahma Putri/Melani Putri. Mereka berhasil dengan catatan waktu 7.35,71 detik. Sementara juara pertama diraih pasangan Jepang, Chiaki Tomita/Ayami Oishi dengan catatan waktu tercepat 7.15,84 detik.

Kemudian Thi Thao Luong/Thi Hao Dinh (Vietnam) dengan catatan 7.17,34 detik ada di posisi kedua, serta di peringkat ketiga diisi Iran Zeinab Norouzi Tazeh Kand/Kimia Zarei dengan catatan waktu 7.23,86 detik.

Mutiara Rahma Putri atau yang biasa disapa dengan Tiara merupkan atlet binaan PT Brantas Abipraya (Persero). Brantas Abipraya yang tak hanya fokus terhadap pembangunan infrastruktur negeri, juga menaruh perhatian terhadap anak-anak bangsa yang berprestasi.

“Saya ucapkan selamat kepada tim dayung, khususnya Tiara yang telah lolos kualifikasi. Insan muda berpretasi seperti ini harus terus dibina dan disokong, di sini Abipraya hadir untuk memastikan pendidikan Tiara tetap menjadi yang utama dengan memberikan beasiswa,” ujar Miftakhul Anas selaku Sekretaris Perusahaan dalam keterangan resmi ke Bisnis, Selasa (11/5/2021).

Anas menambahkan, semoga dengan beasiswa ini Tiara dapat meningkatkan prestasinya dengan merebut banyak medali emas di tingkat nasional maupun di kejuaraan internasional, khususnya yang akan dihadapi dalam waktu dekat ini yaitu Olimpiade Tokyo 2020.

Pertemuan perdana Brantas Abipraya dengan Tiara ini pertama kali pada penutupan Sea Games ke 30 tahun 2019 di Filipina. Direktur Utama Brantas Abipraya, Bambang E. Marsono menyaksikan langsung kontigen dayung Indonesia meraih 10 medali emas dari cabang Rowing, kano/Kayak dan Perahu Tradisional (Traditional Boat Race/TBR). Dan saat itu Tiara menjadi atlet termuda di dayung, yaitu 15 tahun, dari Provinsi Jambi. Tiara, yang masih duduk di bangku kelas satu di SMA 5 Jambi saat itu menjadi anak asuh  Brantas Abipraya dan akan di sekolahkan hingga program Strata 1 selesai.

Mengenal pertama kali olahraga dayung pada tahun 2017, Tiara dikenalkan oleh pelatih dayung di Jambi yang merupakan dosen kakaknya. Prestasi yang telah dicapai Tiara diusianya yang masih tergolong muda ini adalah pernah meraih medali perunggu kejuaraan junior 2017, medali emas kejuaraan junior 2018, medali emas kejuaraan SEARF 2019 dan medali perunggu Sea Games 2019. Terakhir, Indonesia menurunkan Tiara dan pasangannya yaitu Melani Putri dalam tim ganda putri Indonesia. Mereka berhasil mengantongi catatan waktu 7.35,71 detik dan meraih peringkat empat di kejuaraan kualifikasi di Tokyo pada 7 Mei lalu.

Banyaknya prestasi yang telah digapainya ini tentu dari giat dan disiplin berlatih, hal ini pun tak membuatnya lupa akan pendidikan utama. “Saya latihan pagi, siang dan sore, lalu di malam hari adalah waktu saya belajar melengkapi tugas-tugas. Saat ujian, saya mendapatkan dispensasi dari pelatih untuk dapat mengikutinya,” ujar Tiara.

Tiara pun berharap setelah lolos dari kualifikasi, Ia dan tim dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia dan terus menjadi lebih baik kedepannya. “Terima kasih juga kepada Brantas Abipraya yang sangat mendukung atlet-atlet untuk selalu mementingkan lebih pendidikan kami, semoga Brantas Abipraya dapat terus memberikan dukungannya kepada atlet-atlet dayung berprestasi kedepannya,” pungkas Tiara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper