Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rafael Nadal Juara Tenis Barcelona Terbuka Ke-12 Kali

Rafael Nadal menjuarai turnamen tenis Barcelona Terbuka setelah menundukkan Stefanos Tsitsipas. Ini merupakan gelar ke-12 di turnamen tersebut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 April 2021  |  02:32 WIB
Petenis Spanyol Rafael Nadal - Reuters
Petenis Spanyol Rafael Nadal - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Petenis tuan rumah Rafael Nadal menundukkan Stefanos Tsitsipas dalam pertandingan terlama tur ATP tahun ini dengan skor 6-4 6-7 (6/8) 7-5 pada Senin (26/4/2021) dini hari WIB untuk merengkuh gelar juara titel Barcelona Terbuka di Spanyol untuk ke-12 kali.

Nadal mengamankan gelar pertamanya tahun ini dan ke-87 selama kariernya, menghalangi sang rival dari Yunani merebut titel beruntun setelah gelar perdana Master 1000 di Monte Carlo pekan lalu.

Nadal membalas kekalahannya atas Tsitsipas pada perempat final Australia Terbuka tahun ini dan akan kembali menghuni peringkat dua ATP pada Senin dengan melompati Daniil Medvedev menyusul kemenangan yang diraihnya dalam pertarungan selama 3 jam 38 menit.

Tsitsipas, unggulan kedua, memenangi seluruh 17 set yang dia mainkan di lapangan tanah liat musim ini dan memasuki babak final menyandang status tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan terakhirnya.

Dia unggul 4-2 pada set pembuka setelah melakukan break terhadap Nadal di gim ketiga, tetapi kehilangan angka dari servisnya dua kali secara beruntun ketika juara Grand Slam 20 kali itu bangkit untuk mengklaim empat gim secara beruntun.

Tsitsipas, peringkat lima dunia, yang sebelumnya memenangi hanya tiga gim ketika ia dan Nadal bertemu di final Barcelona 2018, kembali membuat break awal di set kedua, tetapi Nadal meresponnya untuk menyamakan kedudukan 3-3.

Rafael Nadal gagal mengonversi dua match point ketika Tsitsipas bertahan untuk berusaha mengejar skor 5-4. Sang petenis Spanyol kemudian mengamankan tiga break point di gim selanjutnya.

Nadal unggul 4-2 pada tiebreak, tetapi momentumnya beralih ke Tsitsipas setelah dia memenangi empat poin beruntun, kehilangan dua set point sebelum memaksa penentuan di set ketiga menyusul dua kesalahan ganda lawannya.

Hal itu berarti untuk pertama kalinya sejak 2010 set penentu harus dimainkan di final Barcelona, juga untuk pertama kalinya bagi Nadal menjalani tiga set di final turnamen tersebut sejak 2008.

Nadal memiliki kekuatan baru di set ketiga, yang didominasi oleh servis. Setelah lebih dari 3 jam dan 38 menit dia membuat break terhadap Tsitsipas dan melakukan servis untuk merebut titel ke-61 di lapangan tanah liat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tenis rafael nadal

Sumber : Antara/AFP

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top