Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden AS Biden Dukung Olimpiade, Tapi Tak Janji Kirim Atlet

Presiden AS Joe Biden mengungkapkan dukungannya terhadap pelaksanaan Olimpiade Tokyo tahun ini. Meski demkikian, dia tidak menyatakan bahwa negaranya akan mengirim atlet ke Jepang.
Jembatan Pelangi dihiasi lambang Olimpiade di Tokyo, Jepang./Antara/Reuters
Jembatan Pelangi dihiasi lambang Olimpiade di Tokyo, Jepang./Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan dukungannya terhadap upaya Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga untuk tetap menggelar Olimpiade dan Paralimpiade 2020 Tokyo di tengah pandemi Covid-19.

Meski demikian, Biden tidak memberikan sinyal yang jelas terkait dengan kehadirannya pada pesta olahraga 4 tahunan yang dimulai pada 23 Juli mendatang. Dia juga tidak menyebutkan apakah AS akan tetap mengirimkan atletnya ke Tokyo.

Biden hanya menyatakan “mendukung upaya Suga untuk menyelenggarakan Olimpiade dan Paralimpiade musim panas ini,” demikian dilaporkan Kyodo.

Sementara itu, PM Jepang Suga mengemukakan bertekad kuat mewujudkan Olimpiade dan Paralimpiade tahun ini setelah tertunda setahun akibat pandemi Covid-19.

“Saya memberi tahu presiden [Biden] bahwa saya bertekad mewujudkan Olimpiade dan Paralimpiade musim panas ini sebagai simbol persatuan dunia,” kata Suga dalam konferensi pers bersama Biden di Gedung Putih di Washington, AS.

Namun, ketika disinggung soal keikutsertaan atlet AS pada Olimpiade Tokyo, Suga hanya menegaskan bahwa Biden mendukung rencananya.

Dukungan juga disampaikan Wakil Presiden AS Kamala Harris. Menurutnya, Olimpiade adalah upaya untuk menunjukkan persatuan dunia.

Pelaksanaan Olimpiade 2020 Tokyo kembali diragukan karena Jepang masih berjuang menekan laju penularan Covid-19 yang jumlahnya malah meningkat tajam belakangan terutama di Tokyo dan beberapa kota lain.

Presiden Komite Penyelenggara Tokyo 2020 Seiko Hashimoto menegaskan bahwa Olimpiade tetap digelar sesuai dengan jadwal sambil menerapkan langkah-langkah pencegahan Covid-19.

“Saya tidak berpikir tentang pembatalan. Dengan mengambil langkah-langkah untuk memastikan keselamatan dan keamanan, kami fokus menyelenggarakan Olimpiade," kata Hashimoto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Kyodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper