Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden AS Biden Dukung Olimpiade, Tapi Tak Janji Kirim Atlet

Presiden AS Joe Biden mengungkapkan dukungannya terhadap pelaksanaan Olimpiade Tokyo tahun ini. Meski demkikian, dia tidak menyatakan bahwa negaranya akan mengirim atlet ke Jepang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 April 2021  |  07:04 WIB
Jembatan Pelangi dihiasi lambang Olimpiade di Tokyo, Jepang./Antara - Reuters
Jembatan Pelangi dihiasi lambang Olimpiade di Tokyo, Jepang./Antara - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan dukungannya terhadap upaya Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga untuk tetap menggelar Olimpiade dan Paralimpiade 2020 Tokyo di tengah pandemi Covid-19.

Meski demikian, Biden tidak memberikan sinyal yang jelas terkait dengan kehadirannya pada pesta olahraga 4 tahunan yang dimulai pada 23 Juli mendatang. Dia juga tidak menyebutkan apakah AS akan tetap mengirimkan atletnya ke Tokyo.

Biden hanya menyatakan “mendukung upaya Suga untuk menyelenggarakan Olimpiade dan Paralimpiade musim panas ini,” demikian dilaporkan Kyodo.

Sementara itu, PM Jepang Suga mengemukakan bertekad kuat mewujudkan Olimpiade dan Paralimpiade tahun ini setelah tertunda setahun akibat pandemi Covid-19.

“Saya memberi tahu presiden [Biden] bahwa saya bertekad mewujudkan Olimpiade dan Paralimpiade musim panas ini sebagai simbol persatuan dunia,” kata Suga dalam konferensi pers bersama Biden di Gedung Putih di Washington, AS.

Namun, ketika disinggung soal keikutsertaan atlet AS pada Olimpiade Tokyo, Suga hanya menegaskan bahwa Biden mendukung rencananya.

Dukungan juga disampaikan Wakil Presiden AS Kamala Harris. Menurutnya, Olimpiade adalah upaya untuk menunjukkan persatuan dunia.

Pelaksanaan Olimpiade 2020 Tokyo kembali diragukan karena Jepang masih berjuang menekan laju penularan Covid-19 yang jumlahnya malah meningkat tajam belakangan terutama di Tokyo dan beberapa kota lain.

Presiden Komite Penyelenggara Tokyo 2020 Seiko Hashimoto menegaskan bahwa Olimpiade tetap digelar sesuai dengan jadwal sambil menerapkan langkah-langkah pencegahan Covid-19.

“Saya tidak berpikir tentang pembatalan. Dengan mengambil langkah-langkah untuk memastikan keselamatan dan keamanan, kami fokus menyelenggarakan Olimpiade," kata Hashimoto.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Olimpiade 2020

Sumber : Antara/Kyodo

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top