Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

F1 : Raikkonen Kena Penalti, Alonso Amankan Poin Pertama

Pebalap tim Alfa Romeo Kimi Raikkonen mendapat penalti 30 detik di Grand Prix Emilia Romagna, Imola, Italia, pada Senin (19/4/2021) dini hari WIB. Hal itu membuat pebalap Alpine Fernando Alondo meraih poin pertama.
Pebalap Alpine Fernando Alonso/Reuters
Pebalap Alpine Fernando Alonso/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pebalap asal Spanyol Fernando Alonso mengamankan poin pertamanya sekembalinya ke Formula 1 setelah pebalap tim Alfa Romeo Kimi Raikkonen mendapat penalti tambahan 30 detik di Grand Prix Emilia Romagna, Imola, Italia, pada Senin (19/4/2021) dini hari WIB.

Akibat penalti itu, Raikkonen terlempar dari P9. Masalah yang menimpa Raikkonen bermula dari tabrakan antara Valtteri Bottas dan George Russell di lap ke-34 menyebabkan bendera merah dikibarkan, yang memaksa balapan start ulang.

Namun, Raikkonen kehilangan kendali mobilnya di Tikungan 3 ketika lap pemanasan di belakang safety car sebelum restart, hingga turun ke P10.

Raikkonen kemudian bergabung kembali ke rombongan dan menempati P8, tetapi steward balapan mengatakan menurut regulasi sang pebalap harus melewati jalur pit, jika dia tidak bisa kembali ke posisi semula di rombongan sebelum garis safety car pertama.

Steward mendapati Raikkonen terjebak di belakang mobil-mobil rival antara Tikungan 13-14, tetapi safety car telah memadamkan lampunya. Oleh karena itu, pebalap Alfa Romeo tersebut kehabisan waktu untuk kembali ke posisinya semula setelah restart.

Tidak mematuhi regulasi itu, pebalap Finlandia tersebut diganjar penalti 30 detik setelah lomba, yang membuat posisi finisnya melorot ke P13, demikian laman resmi F1.

"Ini terlihat seperti instruksi yang kontradiktif dan tim telah menginstruksi sang pebalap untuk tidak merestorasi posisinya, khawatir hal itu akan menyebabkan masalah keamanan di kondisi basah. Mereka mengontak race director, tapi tidak ada waktu untuk merespons antara panggilan mereka dan restart," demikian steward.

Apabila hukuman diterapkan ketika balapan berlangsung, Raikkonen bakal menerima penalti stop-go selama 10 detik di pitstop. Namun, karena diterapkan setelah lomba, Raikkonen mendapat penalti 30 detik sehingga diturunkan dari P9.

Oleh karena itu, Esteban Ocon naik ke P9 dan rekan satu timnya di Alpine, Alonso, ke P10, yang menjadi poin ganda bagi tim milik Renault itu di Imola.

Lance Stroll dari tim Aston Martin yang finis P7 juga harus turun satu posisi karena penalti tambahan 5 detik setelah kedapatan membuat manuver ilegal untuk menyalip pebalap AlphaTauri Pierre Gasly.

Pebalap Kanada itu menyalip Gasly dengan memotong jalur dengan melibas kerb di Tikungan 3. Stroll harus bertukar posisi dengan Gasly di hasil akhir balapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler