Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Korea Utara Putuskan untuk Absen di Olimpiade Tokyo 2021

Padahal, Korea Selatan berharap memanfaatkan ajang olahraga yang akan dihelat pada Juli tersebut sebagai langkah perubahan bagi kedua negara.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 06 April 2021  |  09:21 WIB
Logo Olimpiade di depan Stadion nasional di Tokyo, Jepang./Antara - Reuters
Logo Olimpiade di depan Stadion nasional di Tokyo, Jepang./Antara - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Utara memutuskan tidak akan berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo 2021 dengan alasan untuk melindungi para atletnya dari virus corona. Hal ini memupuskan harapan Korea Selatan yang ingin memanfaatkan ajang tersebut untuk memulai langkah perdamaian. 

Dilansir Yonhap, Selasa (6/4/2021), keputusan tersebut diumumkan pada situs olahraga Korea Utara setelah pertemuan Komite Olimpiade Korea Utara pada 25 Maret.

"Republik Rakyat Demokratik Korea telah memutuskan dalam sidang umum bahwa tidak berpartisipasi dalam Olimpiade ke-32 untuk melindungi atlet kami dari situasi krisis kesehatan global yang berkaitan dengan virus corona seperti yang diusulkan oleh anggota panitia,” seperti dikutip dari situs. 

Sementara itu, Korea Selatan telah berharap untuk memanfaatkan ajang olahraga yang akan dihelat pada Juli ini sebagai langkah perubahan kedua Korea. 

Perlu diketahui, pada Olimpiade Musim Dingin PyeongChang pada 2018 di Korsel, Korea Utara tidak hanya mengirim atletnya, tetapi juga membentuk tim gabungan bersama Korea Selatan dalam grup hoki putri. 

Tak hanya itu, kedua Korea juga membentuk tim gabungan dalam pertandingan basket putri hingga memenangkan medali emas pada ajang Asian Games pada 2018 di Jakarta dan Palembang.

Dengan atmosfer yang positif, kedua pemimpin yakni Moon Jae-in dan Kim Jong-un telah menyepakati kesediaannya menjadi tuan rumah dalam 2032 Summer Olympics dalam pertemuan pada 2018. 

Namun, pada Februari, International Olympic Committee (IOC) mengumumkan tuan rumah ajang tersebut diserahkan kepada Australia, tepatnya di Brisbane. 

Korea Utara mengklaim negaranya bebas dari Covid-19, tetapi mengerahkan pembatasan pergerakan ketat di negaranya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang Korea Utara Olimpiade 2020
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top