Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Raffi Ahmad Bangun Lapangan Sepak Bola, Bisnis Baru Sultan Andara?

Tak hanya dunia hiburan, aktor dan presenter Raffi Ahmad kini merambah dunia olahraga. Ia berniat membuat sekolah sepak bola, dan akan menggandeng pemain sepak bola Hamka Hamzah.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  10:27 WIB
Raffi Ahmad - Antara
Raffi Ahmad - Antara

Bisnis.com, JAKARTASultan Andara, julukan untuk Raffi Ahmad, kini memperluas jumlah orang yang memberinya perhatian.

Hal itu terjadi seiring aktivitasnya di dunia sepakbola Tanah Air. Kini selain dikenal sebagai aktor dan pembaca acara Raffi Ahmad menjadikan sepakbola tak hanya sebagai hobi. Ia disebut-sebut menjadi investor klub bola.

Hal itu mencuat seiring kabar Raffi Ahmad mengakuisisi klub Liga 2 Cilegon FC. Kabar itu diperkuat oleh unggahan Raffi di akun Instagramnya @raffinagita1717. Raffi Ahmad juga mengunggah foto bersama Yudhi dan dua rekan Raffi, Rudy Salim dan Dony Oskaria.

“Mohon doanya. Bismillah,” tulis Raffi, Minggu (28/3/2021).

Kabar lain menyebutkan bahwa Raffi Ahmad berniat membuat sekolah sepak bola.

Raffi mengungkapkan bahwa saat ini rumah produksi yang dibentuk pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, RANS Entertainment, sedang membuat lapangan sepak bola. Nantinya, lapangan sepak bola tersebut akan menjadi fasilitas sekolah sepak bola (SSB) miliknya.

"Jadi kan kita mau coba, RANS kan mau bikin ada SSB, sekolah sepak bola, siapa tahu kan kita nanti banyak melahirkan bibit-bibit baru," ujar Raffi, dikutip dari kanal YouTube miliknya, Senin (29/3/2021).

Dalam video tersebut Raffi mengundang Hamka Hamzah, dan membahas soal rencana sepak bola tersebut.

"Ini kalau misalnya lapangan bola RANS jadi nih, ini kalau kita bikin sekolah sepak bola mantep enggak?" tanya Raffi kepada bek Persita Tangerang itu.

"Wah, boleh. Itu salah satu cita-cita saya juga," ujar Hamka Hamzah.

Raffi kemudian mengatakan Hamka Hamzah akan menjadi pelatih dari sekolah sepak bola tersebut.

"Akademi, kita ajakin yang muda-muda belajar, pelatihnya Hamka Hamzah," kata Raffi.

Ucapan Raffi tersebut dibalas dengan tawa oleh mantan kapten Arema FC itu, sambil mengatakan, "banyak," merujuk pada pelatih lainnya di sekolah sepak bola tersebut.

"Siapa tahu dari akademi kita ini bisa memunculkan bibit-bibit untuk sepak bola nasional," Hamka Hamzah menambahkan.

Bola Masuk Bursa

Sebelum nama Raffi muncul sebagai investor klub sepakbola di Indonesia, Kaesang Pangarep sudah lebih dulu menjadi berita.

Anak bungsu Presiden Joko Widodo itu mengakuisisi klub eks-perserikatan asal Surakarta, yakni Persis Solo. Kaesang mengakuisisi 40 persen saham Persis Solo dan mengumumkannya pada Sabtu (20/3/2021) siang, di Stadion Manahan Solo.

Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Persis Solo Saestu (PSS) di Hotel Alila Solo, Sabtu (20/3/2021), selain Kaesang terdapat pula nama Direktur PT Plevia Makmur Abadi Kevin Nugroho, yang menggengam 30 persen saham klub.

Di samping itu, ada pula nama Erick Thohir yang menggenggam 20 persen saham Persis Solo. Kepemilikan saham di klub yang identik dengan warna merah itu, diserahkan Erick kepada putranya, Mahendra Agakhan Thohir.

Kaesang bahkan berambisi membawa Persis Solo untuk melantai di BEI, mengikuti Bali United. Kabar sang anak bungsu Jokowi itu pun sempat mewarnai perdagangan di lantai bursa pada Senin (29/3/2021) lantaran memengaruhi harga saham Bali United.

Mengutip Bloomberg, saham dengan kode BOLA terpantau menguat hingga 9,37 persen ke level Rp280 per saham menjelang akhir penutupan perdagangan sesi I, Senin (29/3/2021).

BEI mengungkapkan ada satu perusahaan pengelola klub sepakbola yang sudah menjajaki rencana penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) sejak 2020.

Tanpa menyebutkan spesifik nama klub bola yang berencana IPO itu, Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna Setya mengatakan beberapa klub bola di Indonesia telah menunjukkan minat untuk IPO.

“Hal tersebut terbukti dengan adanya satu klub sepak bola yang melakukan pendaftaran menjadi perusahaan tercatat ke bursa pada 2020,” kata Nyoman, Senin (29/3/2021).

Raffi Incar Bursa

Apakah Raffi Ahmad juga sedang mengincar pintu masuk ke bursa melalui sepak bola? Sejauh ini Raffi belum memberikan pernyataan soal ini.

Satu hal yang pasti, dalam salah satu pernyataannya di youtube, Raffi menyebutkan dirinya memang memiliki saham di bursa.

Video salah satu aktivitas Raffi Ahmad di lapangan sepakbola/youtube-Rans Entertainment

Selain itu, Raffi juga sempat dianggap sebagai selebritas yang meng-endorse saham tertentu. Meski kemudian Raffi tidak lagi melakukannya.

Hal itu, disebutkan Raffi dalam salah satu video yang beredar di Youtube, untuk menghindari dampak negatif yang mungkin terjadi.

Catatan Karir dan Keluarga

Dikutip dari Wikipedia, aktor bernama lengkap Raffi Farid Ahmad ini menghabiskan masa sekolahnya di Jakarta. Sekolah di SD Taruna Bakti Jakarta, SMP Negeri 5 Jakarta, SMA Negeri 3 Jakarta, lalu pindah ke SMA Negeri 16 Jakarta, Raffi sempat tercatat kuliah di Universitas Paramadina dan Universitas Terbuka.

Karier Raffi dimulai saat ia masih duduk di bangku SMP dengan mengikuti syuting sinetron, film, FTV, juga layar lebar.

Mulanya ia menjadi pemeran pendukung di sinetron pertamanya, Tunjuk Satu Bintang (2002). Raffi mulai melejit saat menjadi pemeran utama Senandung Masa Puber, bersama Bunga Citra Lestari.

Setelah itu, Raffi terus-menerus muncul di sinetron-sinetron dan FTV remaja bahkan film layar lebar, salah satunya film berjudul Love Is Cinta, bersama Acha Septriasa dan Irwansyah.

Raffi juga sempat menjajal dunia tarik suara melalui grup vokal Bukan Bintang Biasa (BBB) arahan Melly Goeslaw. BBB beranggotakan Raffi, Laudya Chintya Bella, Chelsea Olivia Wijaya, Dimas Beck dan Ayushita.

Tahun 2008 Raffi tampil di film besutan Rudi Soedjarwo bertajuk Liar dan Asoy Geboy.

Kemudian, ia membawakan program musik Dahsyat bersama Luna Maya dan Olga Syahputra.

Tahun 2009, Raffi yang disebut-sebut sebagai salah satu artis terlaris. Program Dahsyat makin memantapkan dirinya di bidang presenter televisi.

Meski begitu, Raffi tak melupakan dunia akting. ia tercatat bermain di beberapa judul FTV, sinetron Buku Harian Baim hingga sitkom OKB juga dijalaninya.

Raffi juga menjajal peruntungan di dunia penyutradaraan dengan menggarap film pendek berjudul Barbie. Film berdurasi 10 menit ini membuahkan penghargaan Best Movie di malam penghargaan LA Lights Indie Movie 2011.

Pengujung 2011, Raffi menghadirkan film berjudul Pocong Kesetanan yang bergenre horor/komedi.

Tahun 2011 salah satu tabloid nasional menempatkan Raffi dalam daftar 9 artis Indonesia.

Pada 17 Oktober 2014 Raffi mempersunting aktris Nagita Slavina. Pernikahan keduanya disiarkan secara langsung di salah satu televisi nasional Indonesia.

Tanggal 15 Agustus 2015, Raffi dan Nagita dikaruniai seorang bayi laki-laki yang diberi nama Rafathar Malik Ahmad.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

raffi ahmad sepakbola

Sumber : Antara/Harian Jogja/bisnis.com

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top