Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Karya Pyotr Tchaikovsky Gantikan Lagu Kebangsaan Rusia di Olimpiade

Musik karya komponis Pyotr Tchaikovsky diusulkan menjadi pengganti lagu kebangsaan Rusia pada Olimpiade Tokyo 2020. Lagu kebangsaan Rusia dilarang digunakan dalam Olimpiade sebagai bagian dari sanksi dari kasus doping.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Maret 2021  |  02:33 WIB
Seorang anak berpose untuk foto dengan cincin Olimpiade di depan Museum Olimpiade Jepang di Tokyo, Jepang, Senin (17/2/2020)./Antara - Reuters
Seorang anak berpose untuk foto dengan cincin Olimpiade di depan Museum Olimpiade Jepang di Tokyo, Jepang, Senin (17/2/2020)./Antara - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Komite Olimpiade Rusia (ROC) mengajukan musik karya komponis Pyotr Tchaikovsky sebagai pengganti lagu kebangsaan Rusia pada Olimpiade Tokyo 2020 setelah Komite Olimpiade Internasional (IOC) menolak penggunaan lagu Katyusha.

Lagu kebangsaan Rusia dilarang digunakan dalam Olimpiade sebagai bagian dari sanksi terhadap negara tersebut yang diterapkan oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA) akibat memanipulasi data doping laboratorium Moskwa.

Menurut laman Inside The Games, Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) memangkas masa hukuman kepada Rusia dari 4 tahun menjadi 2 tahun.

Akibat sanksi itu, Rusia harus tampil menggunakan bendera netral dalam Olimpiade Tokyo 2020 dan Olimpiade Musim Dingin di Beijing 2022. Atlet Rusia juga dilarang mengatasnamakan negaranya dan harus berstatus netral, baik Olimpiade, Paralimpiade, maupun kejuaraan dunia.

Awal bulan ini CAS menolak usul lagu Katyusha karena dianggap berkaitan langsung dengan Rusia sehingga bisa dianggap melanggar sanksi kepada Rusia.

Presiden ROC Stanislav Pozdnyakov memastikan akan mengajukan Piano Concerto No. 1 dari Tchaikovsky sebagai pengganti lagu kebangsaan Rusia dalam Olimpiade Tokyo.

Meskipun memang orang Rusia, Tchaikovsky memiliki karya yang sudah menjadi warisan musik dunia dan menurut Pozdnyakov sudah digunakan dalam berbagai kompetisi yang digelar oleh International Skating Union.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rusia Olimpiade 2020

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top