Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menpora Beberkan Rencana Besar Pemerintah untuk Genjot Prestasi Olahraga

Menpora Zainudin Amali menyatakan pembangunan 10 sentra pemusatan latihan dinilai akan menjadi dasar melahirkan potensi talenta atlet sejak muda.
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali /Antara
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah berencana membangun 10 sentra pemusatan latihan di sejumlah daerah. Upaya ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pelaksanaan grand design olahraga nasional.

Menteri Pemuda dan Olaharaga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa pemerintah sedang membentuk grand design olahraga nasional dalam jangka panjang. Pembangunan 10 sentra pemusatan latihan dinilai akan menjadi dasar melahirkan potensi talenta atlet sejak muda.

“Kami merencanakan akan membuat 10 sentra pemusatan latihan di beberapa daerah, tentu kita sesuaikan dengan potensi yang ada dan yang paling mendasar adalah potensi talenta ketika di sekolah dasar,” kata Zainudin melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden, Senin (15/3/2021).

Pada saat rapat terbatas pagi tadi, Menpora memaparkan sejumlah grand design olahraga. Dia menyebut desain olahraga nasional ini akan dilakukan dari hulu hingga ke hilir.

Lebih lanjut, program ini akan diisi oleh anak-anak yang memiliki potensi dan sudah terseleksi pada saat memasuki sekolah menengah pertama (SMP). Selanjutnya, pada tingkat SMA, mereka akan didorong ke sekolah khusus olahrga (SKO) di Cibubur milik Kemenpora.

“Nanti juga kita sedang mempertimbangkan untuk bisa melihat Hambalang menjadi tempat untuk sentra senior dan atlet kita yang sudah siap untuk bertanding,” ujarnya.

Meskipun demikian, Zainudin mengingatkan program ini merupakan rencana jangka panjang, karena diperlukan waktu sedikitnya 10 tahun atau 10.000 jam bagi atlet binaan menuai prestasi.

Dia menyebut saat rapat terbatas pada hari ini di Istana Merdeka, Presiden Jokowi turut memberikan arahan untuk grand design tersebut. Dari rencana besar itu, pemerintah menginginkan adanya perencanaan prestasi olahraga jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper