Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wapres Prioritaskan Atlet di Kompetisi Internasional Divaksin Covid

Pemerintah memprioritaskan pemberian vaksin Covid-19 bagi atlet yang direncanakan bertarung di berbagai event internasional.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 26 Februari 2021  |  17:08 WIB
Sprinter Lalu Muhammad Zohri menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19 seusai menerima suntikan pertama vaksin di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (26/2/2021)./Antara - Shofi Ayudiana
Sprinter Lalu Muhammad Zohri menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19 seusai menerima suntikan pertama vaksin di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (26/2/2021)./Antara - Shofi Ayudiana

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan program vaksinasi bagi para atlet menjadi prioritas, terutama bagi mereka yang akan berkompetisi di level internasional.

Selain meningkatkan motivasi masyarakat, Wapres mengungkapkan pemberian vaksinasi kepada para atlet menjadi prioritas terutama bagi mereka yang akan mengikuti kompetisi olahraga, baik pada tingkat nasional maupun global.

“Oleh karena event-event [olahraga] ini sekarang memang terus berjalan [pada] masa pandemi, walaupun di beberapa negara tidak dihadiri oleh penonton,” ujarnya dalam keterangan pers pada Jumat (26/2/2021).

Menurut Wapres, ajang olahraga ini penting, karena selain untuk menghibur masyarakat juga untuk memenuhi kebutuhan komersial para atlet itu sendiri.

“Apalagi mereka yang kita siapkan yang akan mengikuti event internasional seperti olimpiade. Sebab harus dipersiapkan jauh-jauh hari supaya pada saatnya itu mencapai puncaknya. Oleh karena itu, pemerintah harus membantu. Kalau mereka terpapar Covid-19, bisa-bisa mereka tidak bisa mengikuti event itu,” jelas Wapres.

Dia kembali menekankan bahwa vaksin ini aman diberikan kepada masyarakat karena telah teruji klinis dan memperoleh rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan juga Fatwa Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menjelaskan setelah vaksinasi atlet di Ibu Kota, tahap selanjutnya akan diagendakan proses vaksinasi bagi para atlet daerah yang juga akan mengikuti kegiatan olahraga nasional maupun internasional.

“Rencananya setelah ini juga akan melakukan vaksinasi bagi atlet yang ada di daerah-daerah untuk mereka yang akan mengikuti kegiatan olahraga, baik di nasional maupun internasional, untuk single event maupun multi event,” jelas Zainudin.

Wapres bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peninjauan vaksinasi atlet di Istora Senayan, Jakarta.

Dalam acara tersebut, tampak sejumlah atlet dari berbagai cabang olahraga yang turut berpartisipasi dalam program ini.

Dari cabang olahraga bulu tangkis yaitu, Jonathan Christie, Anthony S. Ginting, Marcus F. Gideon, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Greysia Polii, Apriyani Rahayu, dan Praveen Jordan.

Untuk cabang olahraga sepak bola, Evan Dimas, Muhammad Rafli, Nadeo Argawinata, Bagas Kaffa, Andy Setyo, Pratama Arhan, serta atlet sepak bola senior Bambang Pamungkas dan Direktur Teknik Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Indra Sjafri, dan masih banyak lagi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

atlet vaksinasi
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top