Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cristiano Ronaldo & Lionel Messi Tolak Jadi Bintang Iklan Visit Saudi

Dua bintang sepak bola paling kondang saat ini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, menolak menjadi bintang iklan pariwisata Visit Saudi. Arab Saudi santer disebut sebagai pelanggar HAM terutama disebabkan pembunuhan terhadap jurnalis senior Jamal Khashoggi.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 23 Januari 2021  |  21:57 WIB
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo. - Marca
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo. - Marca

Bisnis.com, JAKARTA – Bintang Juventus Cristiano Ronaldo menolak tawaran uang besar untuk mengiklankan pariwisata Arab Saudi, menurut The Telegraph yang dikutip Marca dan dilansir Football Espana pada Sabtu (23/1/2021).

Pemain depan asal Portugal, yang sebelumnya berseragam Sporting Lisbon, Manchester United, dan Real Madrid, ditawari bayaran yang dilaporkan mencapai 6 juta (Rp102 miliar) per tahun.

Perjanjian itu mengharuskan Ronaldo untuk tampil dalam kampanye komersial dan mengunjungi negara Timur Tengah tersebut.

Arab Saudi sedang berusaha untuk meningkatkan citra mereka secara internasional, menggunakan olahraga sebagai alat utama.

Negara itu menggelar Piala Super Spanyol (Supercopa de Espana) tahun lalu di Jeddah, dengan Madrid menjadi juara di atas Barcelona, Valencia, dan Atletico Madrid. Turnamen tersebut menyebabkan kehebohan di negeri ini.

Lionel Messi juga mendapat tawaran serupa dari Arab Saudi, tetapi sebagaimana Ronaldo, pemain bintang Barcelona berkebangsaan Argentina itu pun menolak uang besar tersebut.

Arab Saudi telah dituduh oleh komunitas internasional atas pelanggaran hak asasi manusia dan berusaha untuk mengubah pandangan itu.

Melalui kampanye "Visit Saudi", Pemerintah Saudi bertujuan menjadi tujuan wisata yang menarik, dan meminta bantuan pemain sepak bola terkenal akan sangat membantu dalam hal ini.

Bukan hanya melalui cabang sepak bola, Saudi juga mencoba membangun citra mereka dengan menyelenggarakan Reli Dakar 2020 dan 2021.

Saudi menjadi terkenal sebagai pelanggar hak asasi manusia terutama setelah pembunuhan jurnalis senior Jamal Khashoggi pada Oktober 2018. Khashoggi dikenal luas sebagai pengkritik Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman yang secara de facto mengendalikan pemerintah negaranya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arab saudi lionel messi cristiano ronaldo

Sumber : Football Espana

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top