Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kesiapan Penyelenggaraan PON Papua Capai 90 Persen

Pembangunan venue yang disiapkan oleh Pemprov Papua hampir rampung, sehingga PB PON XX optimistis pelaksanaan pesta olahraga nasional tersebut bakal berlangsung sesuai dengan rencana pada 2–14 Oktober 2021.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Desember 2020  |  10:16 WIB
Stadion Papua Bangkit atau Stadion Lukas Enembe di Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang akan digunakan untuk PON XX Papua. - Antara
Stadion Papua Bangkit atau Stadion Lukas Enembe di Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang akan digunakan untuk PON XX Papua. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Kesiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional Papua telah mkencapai 90 persen, menurut Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional PB PON XX.

“Kesiapan Papua sebagai tuan rumah sudah 90 persen,” kata Ketua Harian PB PON Yunus Wonda dalam laman resmi PON.

Yunus menuturkan pembangunan venue yang disiapkan oleh Pemprov Papua juga sudah hampir rampung, sehingga dia optimistis pelaksanaan pesta olahraga nasional tersebut bakal berlangsung sesuai dengan rencana pada 2–14 Oktober 2021.

“Kalau dilihat dari sisi administrasi kita sudah ada pada posisi 75 persen untuk kesiapan penyelenggaraan PON, saya yakin dan optimis 2021 Papua sudah sangat siap, walaupun saat ini masih ada wabah virus corona, Papua pasti siap sukseskan PON di Bumi Cenderawasih,” ungkapnya.

PB PON, lanjutnya, masih terus melakukan pengadaan peralatan yang diprediksi proses lelangnya tuntas dalam waktu dekat, sehingga peralatan sudah bisa tiba di Jayapura pada awal 2021.

Persiapan kelengkapan PON diharapkan dapat selesai pada tahun ini, sehingga pada 2021 panitia hanya perlu fokus pada penyelenggaraan dan perawatan venue.

Pemprov Papua telah menghabiskan APBD lebih dari Rp3,8 triliun untuk membangun dan merenovasi venue PON 2021.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari 5 tahun anggaran yakni 2016 sebesar Rp228,6 miliar, 2017 sebesar Rp447,2 miliar, Rp879,3 miliar pada 2018, Rp2,2 triliun pada 2019, dan Rp2 triliun dalam APBD 2020.

Selain dari dana APBD, pemerintah juga telah mengucurkan dana APBN sebesar Rp2,3 triliun untuk mendukung pembangunan venue PON Papua.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua PON 2020

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top