Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selain Disiplin 3M, Olahraga Panjat Tebing Bisa Lawan Covid-19

Tak hanya disiplin protokol kesehatan 3M, olahraga panjat tebing bisa menjadi bagian dari cara melawan Covid-19 berkat imunitas tubuh yang menguat.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 02 November 2020  |  13:40 WIB
Ilustrasi. Atlet panjat tebing Indonesia Aspar Jaelolo (kiri) beradu kecepatan dengan atlet panjat tebing China Long Cao (kanan) saat perebutan juara tiga Kejuaraan Dunia Panjat Tebing Moscow 2019 di Moscow, Rusia, Jumat (12/4/2019). Aspar Jaelolo berhasil mendapatkan juara tiga pada nomor speed.  - ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Ilustrasi. Atlet panjat tebing Indonesia Aspar Jaelolo (kiri) beradu kecepatan dengan atlet panjat tebing China Long Cao (kanan) saat perebutan juara tiga Kejuaraan Dunia Panjat Tebing Moscow 2019 di Moscow, Rusia, Jumat (12/4/2019). Aspar Jaelolo berhasil mendapatkan juara tiga pada nomor speed. - ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Bisnis.com, PALEMBANG- Tak hanya disiplin protokol kesehatan 3M, olahraga panjat tebing bisa menjadi bagian dari cara melawan Covid-19 berkat imunitas tubuh yang menguat.

Federasi Panjat Tebing Indonesia atau FPTI Sumatra Selatan menilai olahraga panjat tebing dapat meningkatkan imunitas tubuh yang bermanfaat dalam melawan virus Covid-19.

Ketua FPTI Sumsel Beni Hernedi mengatakan jika olahraga ekstrim tersebut dilakukan secara rutin maka dapat menambah masa otot dan daya tahan tubuh.

“Dengan olahraga panjat tebing semua otot dalam tubuh akan bekerja secara maksimal, tentu jika dilakukan secara rutin bukan tidak mungkin dapat menambah massa otot, daya tahan tubuh dan meningkatkan kinerja jantung,” katanya, Senin (2/11/2020).

Beni melanjutkan panjat tebing membutuhkan daya tahan tubuh yang fit dan dengan sendirinya jika dilakukan secara efektif serta berkala tentu akan meningkatkan daya tahan tubuh. 

“Nah, dengan meningkatnya imunitas tubuh tentu dapat menangkal penularan Covid-19 melalui olarahga panjat tebing ini,” kata Beni yang juga Wakil Bupati Kabupaten Musi Banyuasin itu.

Dia menambahkan, saat ini FPTI Sumsel telah melakukan seleksi tim Pelatnas U-17 dan U-16. “Seleksi telah dilakukan, dan Sumsel dipastikan mengirim 4 atlet panjat tebing yakni 2 atlet putra dan 2 atlet putri,” katanya.

Kepala Bidang Dokter Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Feri Pahrizal menuturkan, olahraga panjat tebing dapat memacu kinerja jantung yang bekerja lebih keras sehingga memompa darah ke seluruh bagian tubuh sekaligus melancarkan sirkulasi peredaran darah.  

“Manfaat yang dirasakan dengan olahraga panjat tebing dapat meningkatkan massa otot dan banyak juga manfaat yang didapatkan untuk kesehatan tubuh kita,” terangnya. 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

panjat tebing Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru Kampanye 3M
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top