Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Selamat! Tim Esports Binus University Juara Piala Menpora Esports 2020 AXIS

Tim esports Binus University akhirnya keluar sebagai juara usai menang di babak Grand Final Piala Menpora Esports 2020 AXIS dan membawa pulang trofi Piala Menpora serta uang pembinaan sebesar Rp 50 juta.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 05 Oktober 2020  |  17:26 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali - Istimewa
Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali - Istimewa

Bisnis.com JAKARTA - Tim esports Binus University akhirnya keluar sebagai juara usai menang di babak Grand Final Piala Menpora Esports 2020 AXIS dan membawa pulang trofi Piala Menpora serta uang pembinaan sebesar Rp 50 juta.

Binus University berhasil meraih juara setelah dalam match terakhir menaklukan tim esports Universitas Udayana. Sementara, SMA Institut Indonesia Semarang, meraih posisi ketiga. 

Total uang pembinaan yang diraih para pemenang di kejuaraan ini mencapai Rp 150 juta.

Dengan gelar juara ini maka tim esports Binus University mendapatkan kontrak sebagai brand ambassador dari IESPL dan Samsung. Selain trofi juara, Piala Menpora Esports 2020 AXIS juga memberikan penghargaan kepada pemain terbaik atau most valueable player (MVP) dan juga top kill player. Titel MVP berhasil diraih oleh James Alexander dari Binus University. Sementara top kill player adalah pemain dengan jumlah kill terbanyak sepanjang turnamen, diraih oleh Erick Zen Redondo dari Universitas Udayana.

Piala Menpora Esports 2020 AXIS mempertandingkan Mobile Legends: Bang Bang yang merupakan game bergenre MOBA. Turnamen yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Indonesia Esports Premiere League (IESPL) dikhususkan untuk kalangan pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa. Kejuaraan ini dirancang menjadi wadah mereka berkompetisi dan berkembang dan menjadi atlet esports profesional.

Sejak kick off turnamen pada 17 Agustus yang lalu, kompetisi olahraga elektronik berskala nasional ini diikuti oleh sebanyak 3.141 tim esports atau terdiri dari 15.075 pemain. Mereka bertanding mewakili sekolah atau perguruan tingginya masing-masing. Di babak grand final, terdapat delapan tim yang melaju. Selain tiga tim teratas, lima tim lainnya (sesuai urutan) adalah Institut Pertanian Bogor, MAN 3 Palembang, SMAN 1 Bintan Utara, Telkom University Bandung, dan Universitas Gunadarma Jakarta.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali merasa gembira dengan berbagai pencapaian yang diraih sepanjang turnamen Piala Menpora Esports 2020 AXIS. Zainudin mengapresiasi para pemain yang telah berjuang dengan kemampuan terbaik demi meraih gelar juara. Ia berharap turnamen ini mampu menjadi batu loncatan bagi pemain-pemain muda untuk menjadi atlet esports berprestasi bagi Indonesia di masa mendatang.

“Esports telah berkembang pesat dan luar biasa besar peminatnya. Piala Menpora Esports ini bahkan diikuti oleh lebih dari 15 ribu peserta dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Melalui turnamen ini kita juga telah melahirkan atlet-atlet muda potensial yang akan menjaga mata rantai prestasi esports Indonesia. Mari kita terus dukung kiprah mereka selanjutnya,” ujar Zainudin Amali, Senin (5/10/2020).

“Selamat kepada para pemenang. Saya yakin kalian akan terus berkembang menjadi atlet berprestasi yang mengharumkan nama bangsa. Untuk pemain yang belum berhasil, jangan kecil hati. Masa depan kalian masih panjang dan masih banyak kesempatan. Teruslah berlatih dan tetap belajar dengan tekun,” pesan Menpora.

Berhasil menjadi juara dan mendapat apresiasi dari Menpora Zainudin Amali, Tim Esports Binus University mengaku bangga mampu menjadi yang terbaik dari ribuan tim esports yang ikut berkompetisi. Dengan modal sebagai juara Piala Menpora Esports 2020 AXIS, mereka bertekad untuk terus mengembangkan diri agar bisa masuk ke industri esports menjadi atlet profesional.

Tim esports Binus University terdiri dari lima orang yaitu Thomas Setyawan, James Alexander, Wilson Clarence Sutanto, Daniel, dan Kristian Antonius. Seluruhnya masih berstatus sebagai mahasiswa di Universitas Bina Nusantara. Meski kesempatan menjadi atlet esports profesional telah terbuka lebar, mereka berniat untuk tetap menuntaskan masa pendidikannya dengan baik.

Sementara Giring Ganesha selaku Ketua Penyelenggara Piala Menpora Esports 2020 AXIS mengatakan, dengan kemampuan yang ditunjukan para pemain selama turnamen, memberikan keyakinan bahwa Indonesia akan mampu untuk terus bersaing di kancah esports dunia.

“Piala Menpora Esports 2020 AXIS ditujukan untuk mencari pemain-pemain muda yang bisa menjadi penerus prestasi esports Indonesia. Selama turnamen kita sudah melihat perjuangan mereka berkompetisi dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Terbukti bahwa pemain-pemain muda kita ini punya potensi yang sangat besar. Saya yakin mereka punya masa depan yang cerah sebagai atlet esports,” tuturnya.

“Di sisi lain, kami juga mengapresiasi dukungan dari Menpora Bapak Zainudin Amali yang begitu besar terhadap esports. Piala Menpora Esports ini merupakan inisiatif beliau yang menginginkan agar Indonesia bisa terus melahirkan bakat-bakat baru dan terus meraih prestasi di kejuaran-kejuaraan esports dunia,” Giring menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama, Randu Zulmi selaku Head Youth Marketing Communication XL Axiata, merasa gembira dengan suksesnya penyelenggaraan Piala Menpora Esports 2020 AXIS. AXIS merupakan brand anak muda yang kali ini menjadi title sponsor untuk Piala Menpora Esports 2020 AXIS. Menurutnya perhelatan ini mampu memotivasi generasi muda untuk menjadikan esports sebagai sarana yang positif dalam meraih prestasi yang membanggakan.

“Piala Menpora Esports 2020 AXIS ini merupakan salah satu wadah untuk anak muda, terutama mereka yang tertarik di bidang esports, untuk berkarya dan berprestasi. Antusiasme dari para peserta juga menunjukan bahwa esports Indonesia kini sudah semakin berkembang. Semoga ke depannya atlet-atlet muda Indonesia bisa terus memajukan dunia esports Indonesia,” ungkap Randu Zulmi.

Dukungan dan apresiasi terhadap Piala Menpora Esports 2020 AXIS juga datang dari Moonton Indonesia selaku developer dan publisher game Mobile Legend: Bang Bang, Insto selaku official eyedrop, dan Samsung Indonesia selaku official smartphone.

Moonton Indonesia selaku developer dan publisher game Mobile Legends: Bang Bang, official game di Piala Menpora Esports 2020 AXIS, mengapresiasi upaya pemerintah dalam mewadahi generasi muda yang menekuni esports. Menurut Aswin Atonie, Brand Director Moonton Indonesia, komitmen yang sama senantiasa diupayakan oleh Moonton dalam mendukung kiprah atlet-atlet esports muda Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi upaya pemerintah dalam mengembangkan bakat-bakat generasi muda melalui ajang Piala Menpora Esports 2020 ini. Mobile Legends: Bang Bang berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam membangun ekosistem esports yang sehat di Indonesia,” ujar Aswin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

esports
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top